ROFITA UMMI MUSLIMAH (2024) MANAJEMEN KAMPANYE SOSIAL KITABISA.COM DALAM PROGRAM VOLUNTRIP. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (430kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (34kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kitabisa.com merupakan pelopor dan platform terbesar di Indonesia yang bergerak di bidang sosial yang memanfaatkan mutakhirnya ilmu teknologi sebagai pengelola finansial pengumpulan dana (fundraising) yang berbasis digital (crowdfunding). Voluntrip merupakan program kampanye sosial yang diadakan oleh Kitabisa.com sebagai upaya kontribusi dalam memberikan fasilitas dan usaha mengubah perilaku masyarakat, dan mewadahi masyarakat umum yang ingin terlibat dalam misi relawan kebaikan. Kegiatan kampanye sosial Voluntrip dilaksanakan sejak bulan November 2022. Metode penelitian yang digunakan deskriptif, dengan jenis penelitian kualitatif. Data diperoleh dari hasil wawancara mendalam dengan 3 orang informan. Metode penelitian menggunakan wawancara mendalam dan juga didukung dengan beberapa data dari dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Kemudian diuji dengan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kitabisa.com melakukan tahapan perencanaan kampanye sosial Kitabisa.com melalui analisis situasi dengan langsung ke lokasi kampanye dan berkoordinasi dengan komunitas BIAS, Kucing UGM, dan Aksi Konservasi Yogyakarta, penyusunan tujuan, strategi dan taktik komunikasi dilakukan dengan memanfaatkan Instagram @kitabisacom guna menjalin interaksi dengan #RelawanBaik dan meningkatkan branding program kampanye sosial Voluntrip, alokasi sumber daya dilakukan dengan membentuk tim pelaksana di setiap kota yang menjadi lokasi pelaksanaan program Voluntrip. Tahap pelaksanaan dilaksanakan dengan beberapa program diantaranya Voluntrip pet friendly, bakti sosial, jalan bersama oma opa, dan pahlawan bumi. Sebagai pendukung strategi komunikasi adalah dengan memasang dan menyebarkan informasi melalui Instagram resmi @voluntrip.kitabisa, dan bekerjasama dengan influencer Rachel Vennya dan Nadzira Shafa. Tahap evaluasi dilakukan dengan beberapa cara diantaranya, penyusunan laporan pertanggungjawaban oleh tim pelaksana kampanye setelah kegiatan dilaksanakan, serta melakukan penyebaran kuesioner dan wawancara langsung kepada partisipan kegiatan Voluntrip untuk mengetahui langsung bagaimana tanggapan partisipan terhadap kampanye sosial yang telah dilaksanakan. Kata Kunci : Kampanye Sosial, Kitabisa.com, Manajemen Kampanye, Relawan, Voluntrip.
Dosen Pembimbing: | Adhianty Nurjanah, Dr., S.Sos., M.Si. | NIDN0604127801 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Campaign Management, Kitabisa.com, Social Campaign, Volunteers, Voluntrip |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 03:40 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 03:40 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43629 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |