PEMENUHAN HAK KONSUMEN PADA KEDAI KOPI (COFFEE SHOP) DELUNA DI BANTUL

ARGA TAUFIQURRAHMAN (2024) PEMENUHAN HAK KONSUMEN PADA KEDAI KOPI (COFFEE SHOP) DELUNA DI BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (877kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemenuhan hak konsumen merujuk pada perlindungan dan pengakuan hak-hak yang dimiliki oleh konsumen dalam berbagai transaksi ekonomi. Pelaksanaan pemenuhan hak konsumen telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Oleh karena itu, pelaku usaha diwajibkan untuk mematuhi aturan-aturan yang telah ditetapkan dalam peraturan tersebut saat menjalankan kegiatan mereka. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemenuhan hak konsumen pada kedai kopi Deluna dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan pelaku usaha apabila terdapat konsumen yang mengalami kerugian. Penulisan skripsi ini didasarkan pada penelitian hukum empiris. Seluruh data yang dikumpulkan dianalisis dan disusun secara sistematis, kemudian dipaparkan secara deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di Kedai Kopi Deluna. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Untuk mengumpulkan data, digunakan teknik wawancara dan studi kepustakaan. Sumber data sekunder meliputi buku-buku, peraturan perundang-undangan, jurnal, dan sumber lainnya. Hasil dari penelitian ini, bahwa pemenuhan hak konsumen pada kedai kopi Deluna sudah dilaksanakan dengan baik, namun masih terdapat beberapa faktor yang menjadi kendala dalam melaksanakan pemenuhan hak konsumen. Upaya yang dilakukan oleh kedai kopi Deluna apabila terdapat konsumen yang mengalami kerugian sudah dilaksanakan dengan baik dan pihak kedai kopi Deluna selalu memberikan ganti rugi atau kompensasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Rights, Coffee Shop, Consumer, Business Actor, Fulfillment
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 03 Feb 2024 02:30
Last Modified: 03 Feb 2024 02:30
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43769

Actions (login required)

View Item
View Item