ARGA TAUFIQURRAHMAN (2024) PEMENUHAN HAK KONSUMEN PADA KEDAI KOPI (COFFEE SHOP) DELUNA DI BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (877kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (464kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (88kB)
Bab I.pdf
Download (141kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (268kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (171kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (162kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (45kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (175kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (260kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (681kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pemenuhan hak konsumen merujuk pada perlindungan dan pengakuan hak-hak yang dimiliki oleh konsumen dalam berbagai transaksi ekonomi. Pelaksanaan pemenuhan hak konsumen telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Oleh karena itu, pelaku usaha diwajibkan untuk mematuhi aturan-aturan yang telah ditetapkan dalam peraturan tersebut saat menjalankan kegiatan mereka. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemenuhan hak konsumen pada kedai kopi Deluna dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan pelaku usaha apabila terdapat konsumen yang mengalami kerugian. Penulisan skripsi ini didasarkan pada penelitian hukum empiris. Seluruh data yang dikumpulkan dianalisis dan disusun secara sistematis, kemudian dipaparkan secara deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di Kedai Kopi Deluna. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Untuk mengumpulkan data, digunakan teknik wawancara dan studi kepustakaan. Sumber data sekunder meliputi buku-buku, peraturan perundang-undangan, jurnal, dan sumber lainnya. Hasil dari penelitian ini, bahwa pemenuhan hak konsumen pada kedai kopi Deluna sudah dilaksanakan dengan baik, namun masih terdapat beberapa faktor yang menjadi kendala dalam melaksanakan pemenuhan hak konsumen. Upaya yang dilakukan oleh kedai kopi Deluna apabila terdapat konsumen yang mengalami kerugian sudah dilaksanakan dengan baik dan pihak kedai kopi Deluna selalu memberikan ganti rugi atau kompensasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rights, Coffee Shop, Consumer, Business Actor, Fulfillment |
Divisions: | Fakultas Hukum > Hukum S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 03 Feb 2024 02:30 |
Last Modified: | 03 Feb 2024 02:30 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43769 |