ZULFA HIMAWATI (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS 7 SMP MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (796kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (67kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (596kB)
Bab I.pdf
Download (324kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (263kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (348kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (281kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (206kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (301kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (278kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Model Pembelejaran sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Sebagian besar siswa Kelas 7 SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta, beranggapan bahwa pelajaran Bahasa Arab merupakan pelajaran yang sulit dipahami dikarenakan model pembelajaran yang digunakan yaitu ceramah yang membuat siswa bosan dalam belajar. Oleh karena itu peneliti mengambil model pembelajaran kooperatif Tipe NHT sebagai solusi yang sesuai dengan keadaan siswa di kelas 7 SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Model pembelajaran kooperatif tipe NHT bertujuan untuk melatih setiap siswa menjadi siap dalam menjawab soal dikarenakan setiap siswa mendapatkan nomor untuk dipilih, mampu berdiskusi dengan sungguh-sungguh, dapat saling bertukar pendapat, meningkatkan interaksi yang inten antar siswa dalam menjawab soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektitivitas model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Arab. Metode peneltian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan menggunakan metode penelitian eksperimen semu True-Experimental dengan rancangan Postest only control group design. Peneliti akan menggunakan 4 kelas yaitu 7 B, 7 C, 7 D dan 7 E berjumlah 107 siswa sebagai populasi dan 50 sampel. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan memberikan treatment dan postest pada masing-masing kelas . Pengambilan sample yang digunakan peneliti ialah Probability sampling, peneliti menggunakan metode pengumpulan data Tes yang digunakan yaitu merupakan tes hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran tipe NHT atau post test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT efektif untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas kelas 7 SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta dibandingkan dengan metode ceramah. Hal tersebut dibuktikan adanya hasil analisis Uji independent sampel t test, diketahui bahwa nilai sig 2 tailed 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak Ha diterima dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan rata-rata hasil belajar siswa antara pemebelajaran menggunakan model NHT dan pembelajaran yang tidak menggunakan model NHT yaitu metode ceramah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Learning Model, NHT, Learning Outcomes |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 03 Feb 2024 02:23 |
Last Modified: | 03 Feb 2024 02:23 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43772 |