SHIPPING CULTURE DALAM FANDOM KPOP(STUDI ETNOGRAFI SHIPPING CULTURE BTS ARMY INDONESIA)

FEBY MILIA SAFIRA (2023) SHIPPING CULTURE DALAM FANDOM KPOP(STUDI ETNOGRAFI SHIPPING CULTURE BTS ARMY INDONESIA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Fenomena Kpop yang telah merambah di berbagai negara dan juga media menjadikan banyak budaya-budaya baru yang berkembang saat ini salah satunya adalah shipping culture. Shipping dinilai sebagai kegiatan wajar yang dilakukan oleh para penggemar Kpop. Urgensi dari penelitian ini adalah memberikan informasi dan juga studi mengenai salah satu budaya penggemar yaitu shipping dimana shipping adalah budaya baru. Kemudian juga mengetahui bagaimana bentuk-bentuk shipping dan bagaimana para shipper menggunakan twitter sebagai realisasi aktivitas dengan berbagai interaksi mereka dengan para shipper lainnya. Penelitian ini menggunakan metode etnografi virtual. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan berdasarkan metode etnografi virtual dengan melakukan observasi sesuai dengan tahapan Analisis Media Siber (AMS).Hasil dari penelitian ini Shipping culture adalah hal yang lazim dilakukan oleh penggemar, karena para informan sebagian bersar melakukan hal tersebut, selain menikmati konten shipping, informan juga memproduksi dan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berada di sosial media dan saling bertukar informasi mengenai konten-konten shipping. Paparan dari pembaca Alternative Universe juga menjadi sebuah permasalahan baru dikarenakan banyak yang memiliki imajinasi yang timbul terhadap idolanya pada dunia nyata.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Shipping Culture, Alternative Universe, BTS Army, Etnografi Virtual, Fandom Kpop, Media
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 23 Jan 2024 06:30
Last Modified: 23 Jan 2024 06:30
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43948

Actions (login required)

View Item
View Item