FEBY MILIA SAFIRA (2023) SHIPPING CULTURE DALAM FANDOM KPOP(STUDI ETNOGRAFI SHIPPING CULTURE BTS ARMY INDONESIA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (545kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (123kB)
Bab I.pdf
Download (231kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (92kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (107kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
Abstract
Fenomena Kpop yang telah merambah di berbagai negara dan juga media menjadikan banyak budaya-budaya baru yang berkembang saat ini salah satunya adalah shipping culture. Shipping dinilai sebagai kegiatan wajar yang dilakukan oleh para penggemar Kpop. Urgensi dari penelitian ini adalah memberikan informasi dan juga studi mengenai salah satu budaya penggemar yaitu shipping dimana shipping adalah budaya baru. Kemudian juga mengetahui bagaimana bentuk-bentuk shipping dan bagaimana para shipper menggunakan twitter sebagai realisasi aktivitas dengan berbagai interaksi mereka dengan para shipper lainnya. Penelitian ini menggunakan metode etnografi virtual. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan berdasarkan metode etnografi virtual dengan melakukan observasi sesuai dengan tahapan Analisis Media Siber (AMS).Hasil dari penelitian ini Shipping culture adalah hal yang lazim dilakukan oleh penggemar, karena para informan sebagian bersar melakukan hal tersebut, selain menikmati konten shipping, informan juga memproduksi dan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berada di sosial media dan saling bertukar informasi mengenai konten-konten shipping. Paparan dari pembaca Alternative Universe juga menjadi sebuah permasalahan baru dikarenakan banyak yang memiliki imajinasi yang timbul terhadap idolanya pada dunia nyata.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Shipping Culture, Alternative Universe, BTS Army, Etnografi Virtual, Fandom Kpop, Media |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 23 Jan 2024 06:30 |
Last Modified: | 23 Jan 2024 06:30 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43948 |