ELVINA NABIILAH ABBAS (2024) THE ROLE OF SOCIAL CAPITAL IN CREATIVE INDUSTRY STRATEGIES (CASE STUDY ON TAMANSARI PAINTED T-SHIRT CENTER). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (236kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (385kB)
Bab I.pdf
Download (281kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (327kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (251kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (171kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (723kB)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (169kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (237kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (496kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Industri kreatif sebagai sub dari ekonomi kreatif yang memiliki kontribusi tinggi menjadi salah satu penyokong perekonomian di Indonesia. Dalam pelaksanaannya, Industri kreatif memiliki strategi pemasaran, salah sunya ialah strategi pemasaran 4p. Strategi pemasaran 4p ini terdiri dari price, place, promotion and product. Dalam industry juga dibutuhkan modal didalamnya, salah satunya ialah modal sosial. Modal sosial sendiri tersusun dari kepercayaan, norma, dan jaringan yang akhirnya mengakibatkan munculnya resiprositas dalam unsur tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unsur modal sosial dan peran modal sosial terhadap straegi industry kreatif pada sentra kaos Lukis Tamansari Yogyakarta. Penelitian in menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji Instrumen data pada penelitian ini dengan Teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini bahwa dalam industry kreatif sentra kaos Lukis Tamansari terdapat 3 unsur modal sosial di dalam strategi industri kreatif. Modal sosial yang ditemukan dalam penelitian ini terjalin sesame anggota, maupun dengan pihak lainnya yang bekerjasama dengan sentra kaos Lukis Tamansari. Modal sosial yang terdiri dari norma, kepercayaan, dan jaringan memiliki peran dalam strategi produksi, strategi harga, strategi distribusi, maupun strategi promosi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social Capital, Strategy, Creative Industry, Yogyakarta |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 09:19 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 09:19 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44077 |