AINUN MA'LA (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA HALAL: STUDI KASUS PESAN TREND YAYASAN PEMUDA HIJRAH DESA CILENGKRANG BANDUNG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (349kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (720kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (57kB)
Bab I.pdf
Download (246kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (279kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (259kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (283kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (401kB)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (67kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (201kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (600kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (328kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pariwisata menjadi sektor strategis nasional yang dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian. Berdasarkan laporan Global Muslim Travel Index 2023 Indonesia menempati rangking pertama wisata halal terbaik. Melihat keberhasilan tersebut Peneliti akan membahas terkait strategi pengembangan wisata halal dan pangkajian dampak yang dilakukan pada salah satu wisata halal Indonesia. Pesan Trend merupakan wisata halal yang bernuansa alam, Pesan Trend bukanlah pesantren pada umumnya hadirnya Pesan Trend diharapkan membawa pesan-pesan (dakwah) yang baru. Sebagai wisata halal Pesan Trend menerapkan tiga konsep yang membedakan dengan wisata lain diantaranya edukasi, ecotourism, dan spiritual. Data yang digunakan dalam penelitian adalah primer dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan pengkajian dampak wisata halal maka agar bisa menganalisis dilakukannya wawancara kepada pemangku kepentingan untuk memberikan informasi terkait strategi pengembangannya. Berdasarkan hasil analisis menggunakan SWOT wisata halal Pesan Trend dengan mengoptimalkan kekuatan internal dan memanfaatkan peluang eksternal memiliki strategi kekuatan dan peluang yang tinggi dalam mengembangkan wisata halal Pesan Trend. Selain itu, dilakukan pengkajian dampak yang meliputi tiga indikator diantaranya ekonomi, sosial, dan lingkungan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Halal Tourism, Development Strategy, Impact Assessment, Sustainable |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 03:27 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 03:27 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44115 |