MUH. NURUDIN (2011) PERBEDAAN PRESTASI AKADEMIK PADA PEMBELAJARAN TARIKH TEMA KHALIFAH UTSMAN BIN AFFAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 WONOSARI. S1 thesis, UNSPECIFIED.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (3MB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (309kB)
ABSTRAK.pdf
Download (558kB)
BAB I.pdf
Download (21MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (12MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
Abstract
Media merupakan salah satu hal penting yang dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Media adalah perantara untuk menyampaikan suatu gagasan, ide sehingga siswa dapat memperoleh pengetahuan, kemampuan dan sikap serta dapat merangsang siswa untuk belajar. Media audio visual yang dikhususkan pada penggunaan media film belum banyak digunakan dalam pembelajaran khususnya pelajaran Tarikh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cfektivitas penggunaan media audio visual dalam pembelajaran materi Khalifah Ustman bin Affan pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Wonosari tahun ajaran 2009/20 I 0. Penelitian ini merupakan penelitian kuanthatif sehingga hasil penelitian disajikan dengan data dan angka. Lokasi penelitian adalah SMK Muhammadiyah I Wonosari. Penelitian ini menggunakan beberapa komponen sekolah sebagai sumber data dalam rangka mencari data yang relevan. Desain penelitiannya adalah menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen yang berjumlah satu kelas, guru melakukan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual. Sedangkan pada kelas kontrol yang berjumlah satu kelas, guru melakukan pembelajaran konvensional (ceramah). Teknik analisis data dengan menggunakan uji normalitas sebaran data, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dalam pembelajaran materi Khalifah Ustman bin Affan pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah I Wonosari adalah terdapat peningkatan yang berarti atau efektif, dimana hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 78,43 sedangkan kelas kontrol adalah 50,86. Penarikan kesimpulan parla penelitian ini dilakukan dengan menganalisis data hasil penelitiar melalui uji hipotesis secara statistik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 07:41 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 07:41 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44186 |