STRATEGI JEPANG DALAM MEMPROMOSIKAN BUDAYA MELALUI MEDIA FILM DAN ANIMASI (2015-2021)

IMAS ANANTA EFENDI (2024) STRATEGI JEPANG DALAM MEMPROMOSIKAN BUDAYA MELALUI MEDIA FILM DAN ANIMASI (2015-2021). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Penggunaan strategis Jepang dari budaya populer, khususnya anime dan manga, sebagai alat untuk meningkatkan pengembangan ekonomi dan pengaruh internasional. Setelah kekalahan Jepang di Perang Dunia II, negara itu memanfaatkan inisiatif kekuatan lunak seperti Cool Japan untuk membentuk kembali citra globalnya. Melalui metode penelitian kualitatif, studi ini menyelidiki strategi diplomasi budaya Jepang dari 2015 hingga 2021, menekankan fusi budaya tradisional dan Barat untuk memperkuat ekonomi Jepang. Terlepas dari tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19, program Cool Japan 2.0 Jepang bertujuan untuk mempromosikan industri budaya di seluruh dunia, dengan fokus khusus pada budaya populer. Artikel ini menyoroti dampak yang signifikan dari anime dan manga Jepang pada persepsi internasional dan strategi kekuatan lunak negara itu. Ini juga menekankan integrasi sukses budaya populer Jepang ke pasar global dan peran sentralnya dalam upaya branding nasional Jepang. Studi ini berakhir dengan menekankan penerimaan positif budaya populer Jepang di seluruh dunia dan statusnya sebagai penggerak utama diplomasi kekuatan lunak Jepang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Soft Power, Popular Culture, Cool Japan, World War II
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:41
Last Modified: 30 Jan 2024 02:41
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44189

Actions (login required)

View Item
View Item