KHOIRUN ANISA (2024) UPAYA GURU PAI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI KEGIATAN BACA IQRA DAN HAFALAN SURAH PENDEK DI SD MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 1. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (453kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (657kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Guru PAI merupakan seseorang yang memiliki peranan penting dalam pembentukan karakter religius siswa. Karakter religius merupakan bentuk keimanan kita terhadap ajaran agama yang kemudian membentuk kepribadian yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam pembentukan karakter religius siswa melalui kegiatan baca iqra dan hafalan surah pendek, bagaimana efektivitasnya terhadap karakter religius siswa serta apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif deskriptif, adapun objek penelitiannya guru PAI, Kepala Sekolah, dan peserta didik di SD Muhammadiyah Ambarketawang 1. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan reduksi data, penyajian data dan Conclulation Drawing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Metode baca Al-Qur�an yang digunakan di SD Muhammadiyah Ambarketawang 1 yaitu metode iqra secara privat dan muroja�ah secara mandiri ataupun dengan teman sebaya. (2) Faktor pendukung yaitu adanya guru PAI, sarana prasarana dan lingkungan keluarga yang memadai, sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya dukungan dari lingkungan keluarga dan juga teman sebaya. (3) Efektivitas kegiatan baca iqra dan hafalan surah pendek dalam pembentukan karakter religius siswa di SD Muhammadiyah Ambarketawang 1 dapat dikatakan cukup efektif. Kata Kunci: Guru PAI, religius, baca Iqra, hafalan Surah
Dosen Pembimbing: | Anisa Dwi Makrufi, S.Pd.I., M.Pd.I. | NIDN0505089001 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | PAI teacher, religious, reading Iqra, memorizing Surah |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 08:09 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 08:09 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44353 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |