MUSIRIN (2010) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH (MPMBS) DI MAN PURWOKERTO 2. S2 thesis, UNSPECIFIED.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (3MB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (357kB)
ABSTRAK.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (4MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (15MB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (23MB)
BAB. V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (29MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran secara rinci tentang Implementasi MPMBS Madrasah Aliyah Negeri Purwokerto 2 yang mencakup : kesiapan komponen MPMBS, proses penyusunan rencana/program, pelaksanaan rencana/program, proses pembelajaran, faktor pendorong dan hambatan-hambatan yang dialami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah Kepala Madrasah dan wakil-wakilnya, beberapa orang guru, karyawan, ketua komite Madrasah, dan pengurus OSIS. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data untuk kesiapan komponen, dilakukan dengan pendekatan SWOT, sedangkan data lainnya menggunakan Interactive Analysis Model Miles dan Huberman. Hasil analisis menunjukkan bahwa: I) semua komponen mempunyai kesiapan untuk mengimplementasikan MPMBS, 2) dari segi perencanaan ada enam program ditetapkan, yaitu peningkatan Nilai Ujian Nasional, ketrampilan mebelair dan wood working, ketrampilan air condition/kulkas dan elektro, ketrampilan tata busana dan convection, ketrampilan hadware dan peripheral komputer, reparasi peralatan rumah tangga dan elektronika, 3) dari segipelaksanaan prograin: a) terjadi peningkatan rata-rata Nilai UN mulai tahun 2005/2006, 2006/2007, 2007/2008 dan 2008/2009 untuk IPA dari 5,77, 5,76, 6.57, 7,10, untuk IPS dari 5,27, 5,34, 5,73, 6,49; b) program ketrampilan mebelair dan wood working siswa telah berhasil membuat dan merakit almari, meja dan tempat tidur dari awal sampai finishing dan ada 20 hasil karya siswa yang terjual ; program ketrampilan air condition /kulkas dan elektro siswa telah memiliki kemampuan untuk menguasai, merawat, memperbaiki lemari es, cooling cabinet, AC; program ketrampilan tata busana dan convection telah berhasil membuat siswa mampu menjahit pakaian seragam sekolah sendiri; ketrampilan hadware dan peripheral komputer hasilnya berupa kemampuan siswa menguasai teori dasar elektronik, mengoperasikan komputer dan mendiagnosis permasalahan pengoperasian komputer; ketrampilan reparasi peralatan rumah tangga dan elektronika hasilnya siswa menguasai teori dasar sampai memperbaiki peralatan pemanas dan dpat memasarkan jasa ke masyarakat umum, 4) dalam bidang pembelajaran telah terjadi peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan metode/strategi pembelajaran ceramah plus, 5) hambatn-hambatan yang dialami dalam implementasi MPMBS berupa resistensi terhadap perubahan, pertisipasi masyarakat yang rendal-., iklim sekolah yang belum tertata, kurangnya waktu les, kedisiplinan siswa yang masih rendah, sarana prasarana yang belum memadai, perolehan siswa baru makin menurun dan masa depan siswa yang belum menjanjikan. Dengan demikian implementasi MPMBS di MAN Purwokerto 2 perlu dilanjutkan dan ditingkatkan dengan mengoptimalkan semua sumber daya yang dimiliki.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 02:51 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 02:51 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44400 |