ABD. RAHMAN HALIM (2024) INTERNALISASI NILAI KEISLAMAN MELALUI KEGIATAN BERMAIN MUSIK HADRAH BAGI SISWA AUTIS DI SLB BINA SIWI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (317kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (258kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (17kB)
Bab I.pdf
Download (204kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (426kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (65kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (490kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (19kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (140kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (504kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Gangguan autis adalah ganguan kompleks yang ditandai dengan adanyagangguan komunikasi, interaksi, dan perilaku. Salah satu upaya yang berhasildilakukan sekolah untuk mengurangi gangguan yang dialami siswa autis adalahmenggunakan terapi musik. Terapi musik yang biasanya diberikan pada siswa autis menggunakan alat piano, drum, dan drumband, namun belum ada yang fokusmenggunakan terapi musik hadrah yang juga bisa digunakan sebagai media pananaman nilai keislaman. Maka dari itu penulis memusatkan penelitian ini pada1) apa saja metode yang digunakan dalam kegiatan bermain musik hadrah bagisiswa autis di SLB Bina Siwi, 2) apa saja nilai keislaman yang ditumbuhkan melalui kegiatan bermain musik hadrah pada siswa autis di SLB Bina Siwi, 3)apakah terdapat perubahan emosi pada siswa autis setelah mengikuti kegiatanmusik hadrah di SLB Bina Siwi. Tujuan penelitian ini untuk mencari tahu metode yang digunakan dalam kegiatan hadrah untuk siswa autis, nilai keislaman yang ditumbuhkan pada siswa autis melalui musik hadrah, dan bagaimana perubahan emosi pada siswa autis setelah mengikuti kegiatan hadrah. Penelitian inimenggunakan metode field research dengan teknik pengumpulan data observasi,wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metodeyang sering digunakan adalah metode demonstrasi, drill dan sesekali menggunakan metode ceramah. Nilai keislaman yang ditumbuhkan melalui musik hadrah adalah pemujaan, berserah diri (berdoa), dan juga dakwah. Perubahanemosi yang terlihat setelah siswa autis mengikuti kegiatan hadrah adalah rasatenang, kreatifitas, dan kemampuan memori yang mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Autistic Students, Hadrah, Islamic Values |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 03:48 |
Last Modified: | 07 Mar 2024 03:48 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44408 |