INTERNALISASI NILAI KEISLAMAN MELALUI KEGIATAN BERMAIN MUSIK HADRAH BAGI SISWA AUTIS DI SLB BINA SIWI

ABD. RAHMAN HALIM (2024) INTERNALISASI NILAI KEISLAMAN MELALUI KEGIATAN BERMAIN MUSIK HADRAH BAGI SISWA AUTIS DI SLB BINA SIWI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Gangguan autis adalah ganguan kompleks yang ditandai dengan adanyagangguan komunikasi, interaksi, dan perilaku. Salah satu upaya yang berhasildilakukan sekolah untuk mengurangi gangguan yang dialami siswa autis adalahmenggunakan terapi musik. Terapi musik yang biasanya diberikan pada siswa autis menggunakan alat piano, drum, dan drumband, namun belum ada yang fokusmenggunakan terapi musik hadrah yang juga bisa digunakan sebagai media pananaman nilai keislaman. Maka dari itu penulis memusatkan penelitian ini pada1) apa saja metode yang digunakan dalam kegiatan bermain musik hadrah bagisiswa autis di SLB Bina Siwi, 2) apa saja nilai keislaman yang ditumbuhkan melalui kegiatan bermain musik hadrah pada siswa autis di SLB Bina Siwi, 3)apakah terdapat perubahan emosi pada siswa autis setelah mengikuti kegiatanmusik hadrah di SLB Bina Siwi. Tujuan penelitian ini untuk mencari tahu metode yang digunakan dalam kegiatan hadrah untuk siswa autis, nilai keislaman yang ditumbuhkan pada siswa autis melalui musik hadrah, dan bagaimana perubahan emosi pada siswa autis setelah mengikuti kegiatan hadrah. Penelitian inimenggunakan metode field research dengan teknik pengumpulan data observasi,wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metodeyang sering digunakan adalah metode demonstrasi, drill dan sesekali menggunakan metode ceramah. Nilai keislaman yang ditumbuhkan melalui musik hadrah adalah pemujaan, berserah diri (berdoa), dan juga dakwah. Perubahanemosi yang terlihat setelah siswa autis mengikuti kegiatan hadrah adalah rasatenang, kreatifitas, dan kemampuan memori yang mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Autistic Students, Hadrah, Islamic Values
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 07 Mar 2024 03:48
Last Modified: 07 Mar 2024 03:48
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44408

Actions (login required)

View Item
View Item