EVALUASI PROGRAM SUPERVISI AKADEMIK PADA KEGIATAN LESSON STUDY PAI BERBASIS MGMP DI SMP KOTA YOGYAKARTA

NISMATUL KHOIRIYAH (2014) EVALUASI PROGRAM SUPERVISI AKADEMIK PADA KEGIATAN LESSON STUDY PAI BERBASIS MGMP DI SMP KOTA YOGYAKARTA. S2 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB. I.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB.V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

proses, dan produk dari program supervisi akademik pada kegiatan lesson study PAI berbasis MGMP di SMP Kota Yogyakarta. Hal ini dilatarbelakangi bahwa supervisi akademik sebagai bentuk layanan dan bantuan profesional kepada guru selayaknya terdapat program yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Pengawas PAI di wilayah kerja Kantor Kementrian Agama di Kota Yogyakarta mengalami kondisi yang timpang antara jumlah pengawas dan guru yang dibina. Tiga orang pengawas harus membina sedikitnya 224 orang guru PAI. Salah satu upaya mengatasi hal tersebut, pengawas bersama pengurus MGMP PAI SMP memberdayakan forum MGMP untuk menyelenggarakan supervisi akademik melalui kegiatan lesson study.
Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan desain sequential explanatory, yaitu pengumpulan dan analisis data dilakukan secara berurutan antara metode kuantitatif dan kualitatif, dengan penekanan utama pada metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluasi, dengan model CIPP, yaitu evaluasi terhadap konteks, input, proses dan produk. Subyek dalam penelitian ini adalah pengawas PAI, guru-guru PAI SMP. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisa data dilakukan dengan cara menganalisis data kuantitatif kemudian menganalisis data kualitatif secara berurutan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi terhadap konteks masuk kategori sesuai dengan rerataan skor 3,09; program sesuai dengan harapan guru dan pengawas. Evaluasi terhadap input juga menunjukkan kategori memadai dengan rerataan skor 3,47; sumber daya yang dimiliki memadai untuk mendukung program. Evaluasi terhadap proses berada pada kategori sangat efektif dengan rerataan skor 3,51; pelaksanaan program berjalan sangat efektif. Evaluasi terhadap produk masuk kategori optimal dengan rerataan skor 3,01; program tercapai secara optimal. Dari hasil penelitian ini, program supervisi akademik pada kegiatan lesson study PAI yang berbasis MGMP ini, direkomendasikan untuk dilanjutkan dengan memperbaiki beberapa aspek dan dapat disebarluaskan tempat-tempat lain yang memiliki kondisi serupa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Program evaluation, academic supervision, lesson study, Islamic education, subject teacher board
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 07 Feb 2024 02:41
Last Modified: 07 Feb 2024 02:41
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44447

Actions (login required)

View Item
View Item