HUBUNGAN ANTARA GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI RS ROEMANI MUHAMMADIYAH SEMARANG TAHUN 2010

NUR ACHMAD FAUZI (2011) HUBUNGAN ANTARA GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI RS ROEMANI MUHAMMADIYAH SEMARANG TAHUN 2010. S2 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
INTISARI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB. I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB. V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Latar Belakang: Kepuasan kerja merupakan suatu hal yang harus diperhatikan, karena tanpa kepunsan kerja visi dan misi rumah sakit tidak akan tercapai. Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang baru saja mengalami pergantian direktur, setelah direktur yang sebelumnya mengundurkan diri karena para karyawan menuntutnya untuk mundur. Pada masa kepemimpinan direktur lama, banyak sekali permasalahan yang menyangkut kepuasan kerja seperti ketidak puasan karyawan terhadap kepemimpinan direktur yang kurang memperhatikan nasib karyawan, kepemimpinan direktur yang cenderung otoriter dalam mengambil keputusan, tingkat turn over dan absentisme karyawan yang tinggi. Hal tersebut mengakibatkan turunnya performance dari para karyawan yang berujung pada buruknya pelayanan yang diberikan kepada pasien seperti proses pelayanan yang lambat, perawat yang kurang ramah, proses administrasi yang lambat. Tujuan penelitian: menguji hubungan antara gaya kepemimpinan dan motivasi karyawan terhadap kepuasan kerja yang nantinya diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam rangka meningkatkan kepuasan karyawan. Metode: Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Subyek penelitian ini adalah karyawan tetap RS Roemani Muhammadiyah Semarang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebar kepada 170 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan tekhnik pencuplikan rambang bertingkat dan analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan regresi berganda. Hasil: Terdapat hubungan positif bermakna antara gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kepuasan kerja (p=0,000, adjusted R Square=0,449). Terdapat hubungan positif yang bermakna antara gaya kepemimpinan terhadap kepuasan keda (p=0,013, R=0,191). Terdapat hubungan positif yang bermakna antara motivasi terhadap kepuasan kerja (p=0,000, R=0,469). Motivasi lebih berpengaruh (R Square=0,22) terhadap kepuasan kerja daripada penerapan gaya kepemimpinan (R Square=0,036). Kesimpulan dan saran: Gaya kepemimpinan dan motivasi sama-sama berperan terhadap kepuasan kerja. Agar kepuasan kerja karyawan meningkat diharapkan agar RS Roemani Semarang lebih meningkatkan lagi motivasi karyawannya mengingat aspek motivasi lebih memberikan pengaruh daripada aspek gaya kepemimpinan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: leadership style, motivation, job satisfaction
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 07 Feb 2024 06:24
Last Modified: 07 Feb 2024 06:24
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44452

Actions (login required)

View Item
View Item