UMI NUR HIDAYAH (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS 4 DI SD MUHAMMADIYAH BOGOR KECAMATAN PLAYEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (97kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (617kB)
Bab I.pdf
Download (572kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (545kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (707kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (908kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (607kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (339kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (969kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (770kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengguanaan media wordwall terhadap hasil belajar Bahasa Arab yang diterapkan pada siswa SD Muhammadiyah Bogor, Gunungkidul, Yogyakarta . Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain one group pre test- post test. Pengambilan sampel, peneliti menggunakan jenis purposive sampling (Purposive or Judgemnet Sampling) Sampel diambil dari kelas 4 Ubay bin Ka�ab yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji paired sampel T tes. Analisis data penelitian menunjukkan bahwa pada pengujian validitas pada 20 item tes terdapat 19 item yang valid dengan perbandingan rhitung > rtabel. Sedangkan uji reliabilitas menunjukkan nilai reliabilitas Alpha Croncbach 0.790 yang artinya Alpha Cronbach pada item tes hasil belajar >0.60 maka item dapat dikatakan reliabel atau konsisten dengan kategori kuat. Dari hasil uji paired sampel t test dalam penelitian ini dipakai untuk menjawab rumusan masalah. Berdasarkan output diatas diperoleh nilai sig (2 -tailed) sebesar 0.0000003 < 0.05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil belajar siswa kelas 4 SD Muhammadiyah Bogor, Playen, Gunungkidul yang diajarkan menggunakan media wordwall meningkat. Hal ini dibuktikan dengan jumlah nilai rata-rata pre test pada penelitian eksperimen pertama adalah 52,94 sedangkan rata-rata nilai pos test adalah 58,4. Kemudian pada penelitian eksperimen kedua ditemukan bahwa nilai rata-rata pre test adalah 60,9 sedangkan nilai rata-rata pos test adalah 68. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media wordwall dapat meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Wordwall media, Learning result, Arabic Languange |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 07:52 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 07:52 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44459 |