NABILAH CIPTA RAHMAN (2024) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH DASAR NEGERI NGEBEL KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (697kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (95kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (133kB)
Bab I.pdf
Download (170kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (475kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (401kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (391kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (128kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (169kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (351kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Kecerdasan sosial didefinisikan sebagai kemampuan individu untuk menghadapi dan menanggapi situasi sosial dalam lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kecerdasan sosial siswa kelas V SD Negeri Ngebel yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran Index Card Match (2) Mengetahui kecerdasan sosial siswa kelas V SD Negeri Ngebel yang diajar menggunakan model pembelajaran Index Card Match (3) Seberapa efektif model pembelajaran Index Card Match dalam meningkatkan kecerdasan sosial siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen quasi dengan desain nonequivalent pretest-posttest control group desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Ngebel yang berjumlah 273 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan kriteria tertentu. Sampelnya adalah siswa kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa angket, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji paired sample t-test, dan N-gain score. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kecerdasan sosial siswa kelas kontrol yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional meningkat dengan rata-rata hasil uji angket dari 48,11 menjadi 59,33, (2) Kecerdasan sosial siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match pada kelas eksperimen meningkat dengan nilai rata-rata hasil uji angket dari 49,11 menjadi 72,22, dan (3) Penerapan model pembelajaran Index Card Match dalam pembelajaran Cukup Efektif meningkatkan kecerdasan sosial siswa pada siswa berdasarkan hasil uji N-gain score untuk kelas eksperimen sebesar 74,2373 atau 74,2 persen yang termasuk dalam kategori Cukup Efektif. Penerapan model pembelajaran Index Card Match menjadi salah satu model pembelajaran yang membantu guru untuk meningkatkan kecerdasan sosial siswa, karena kegiatan didalamnya terdapat proses-proses yang menunjang tercapainya hal tersebut. Kecerdasan sosial yang nantinya dapat digunakan dalam kehidupan sosial bermasyarakat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Index Card Match, Kecerdasan Sosial Siswa |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 07:50 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 07:50 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44464 |