MUHAMMAD RAFFI (2024) PEMASARAN POLITIK KUSWANTO DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA DI DESA SEBERANG TALUK, KECAMATAN KUANTAN TENGAH, KABUPATEN KUANTAN SINGINGI, PROVINSI RIAU TAHUN 2019. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (713kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (15kB)
Bab I.pdf
Download (368kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (552kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (413kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (186kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (294kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (185kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK Lahirnya UU no.6 Tahun 2014 memberikan wewenang lebih kepada desa untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahannya sendiri. Hal tersebut menarik banyak masyarakat untuk maju mencalonkan diri menjadi Kepala Desa. Salah satunya adalah pada desa Seberang Taluk yang diikuti oleh lima calon kepala desa. Kemenangan Kuswanto pada Pilkades 2019 yang hanya bersilih dengan 1 suara dengan Dedi Arianto menarik untuk di bahas. Kuswanto yang seorang petani dan hanya bergelar diploma dapat mengalahkan Dedi Arianto seorang mantan komisioner KPU, dan H. Aguswan seorang incumbent kepala desa tersebut. Selain itu mereka berdua adalah seorang sarjana. Penelitian ini menggunakan metodologi Kualitatif deskriptif untuk memberikan sebuah analisis yang mendalam. Hasil penelitian menunjukan kemenangan Kuswanto dipengaruhi dari sisi produk, dirinya memiliki karakteristik jujur dan baik. Citra positifnya yang terbangun melalui kampanye di warung-warung dan aktivitas dengan masyarakat. Sisi Promosi dirinya juga menggunakan relawan dari keluarga serta temannya. Kemenangannya juga dipengaruhi oleh biaya yang dikeluarkan untuk kampanye dalam bentuk baliho dan sosialisasi. Sementara empat yang dijadikan kampanye adalah warung-warung dan lapangan voli, dimana tempat tersebut merupakan tempat masyarakat berkumpul.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Village Election, Political Marketing, Political Strategy |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 07:45 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 07:45 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44472 |