MUHAMAD DZULFIKAR (2024) PENGARUH PROMOSI ONLINE, E-COMMERCE DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (941kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (724kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (223kB)
Bab I.pdf
Download (530kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (721kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (741kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (881kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (867kB)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (222kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (508kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang pengaruh promosi online, e-commerce dan persepsi harga terhadap peningkatan penjualan produk UMKM di Kabupaten Bantul. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 397 responden dengan metode sampling menggunakan rumus Slovin. Responden merupakan pelaku UMKM di kabupaten Bantul. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan survei menyebarkan kuesioner dengan instrumen skala likert. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa, Promosi Online, E-commerce, Persepsi Harga berpengaruh signifikan secara parsial maupun simultan terhadap Peningkatan Penjualan Produk UMKM di Kabupaten Bantul. Promosi online berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan produk UMKM karena dengan pomosi online akan membangun kesadaran merek (brand awareness), membangun citra merek dan dapat meningkatkan keterlibatan konsumen (customer engagement) dan dapat meningkatkan penjualan produk. E-commerce berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan produk UMKM sebab dengan e-commerce dapat memperluas pasar sehingga dapat meningkatkan penjualan produk. Persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan produk UMKM karena persepsi harga dapat menggambarkan suatu merek dan memberikan keunggulan kompetitif fungsional. Rekomendasi untuk para pelaku UMKM adalah untuk promosi online yakni menggencarkan lagi Sosial Medianya dalam usaha meningkatkan penjualan produk UMKM. Para pelaku UMKM di Kabupaten Bantual untuk konsisten dalam memasarkan produknya melalui jaringan e-commerce sehingga dapat memperluas pasar yakni memberikan fleksibilitas kepada pelaku UMKM untuk merambah dan mengembangkan pasar baru yang memiliki potensi sehingga meningkatkan penjualan produk UMKM. Terakhir, persepsi harga produk UMKM yang kompetitif perlu dipertahankan sehingga dapat meningkatkan penjualan produk UMKM.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | online promotion, e-commerce, price perception, increasing in MSME sales |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 06:38 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 06:38 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44538 |