ATIKA TRI OKTAVIANA (2024) PERAN MODERASI KNOWLEDGE ABOUT RIBA DALAM MENJELASKAN HUBUNGAN ANTARA PENGARUH PERSEPSI MANFAAT DAN PERSEPSI KEMUDAHAN PADA MINAT MENGGUNAKAN SHOPEEPAYLATER (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (262kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (356kB)
Bab I.pdf
Download (203kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (547kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (450kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (298kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (381kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (569kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat penggunaan shopeepaylater di kalangan mahasiswa. Hal ini dilakukan melihat tingginya pengguna paylater di kalangan mahasiswa yang dinilai menyebabkan terjadinya wanprestasi terhadap pinjaman online. Sehingga penelitian ini mencoba mengukur minat penggunaan shopeepaylater didasarkan pada persepsi manfaat dan persepsi kemudahan penggunaan melalui knowledge about riba sebagai pemoderasi. Penelitian ini mengukur melalui 100 responden mahasiswa Universitas Mahasiswa Yogyakarta dengan pendekatan kuesioner yang menggunakan purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan smart PLS sebagai alat analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi manfaat dan persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa UMY untuk menggunakan shopeepaylater. Semakin tinggi persepsi manfaat dan kemudahan yang dirasakan mahasiswa terhadap suatu sistem maka akan meningkatkan minat penggunaan dan merasa yakin untuk menggunakan shopeepaylater. Serta tidak ada pengaruh knowledge about riba memoderasi persepsi manfaat dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap minat mahasiswa UMY untuk menggunakan shopeepaylater. Sehingga tinggi rendahnya pengetahuan tentang riba yang dimiliki seseorang tidak memperkuat ataupun memperlemah mahasiwa untuk menggunakan shopeepaylater.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interest, Perceived Benefits, Perceived Ease of Use, Knowledge onUsury, Shopee Paylater |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 04:11 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 04:11 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44578 |