STRATEGI KREATIF SIDU EDISI NUSANTARA DALAM PENGELOLAAN PESAN MELALUI MEDIA SOSIAL TAHUN 2020

Jihan Muthia (2021) STRATEGI KREATIF SIDU EDISI NUSANTARA DALAM PENGELOLAAN PESAN MELALUI MEDIA SOSIAL TAHUN 2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (765kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

SiDU Edisi Nusantara merupakan produk buku tulis yang memiliki tema keunikan budaya lokal. Hal ini direpresentasikan melalui berbagai edisi covernya. SiDU juga mengadakan lomba menulis #SiDUBanggaIndonesia sebagai salah satu strategi kreatifnya. Strategi kreatif merupakan dasar untuk pelaksanaan eksekusi kreatif (visual dan penulisan pesan iklan). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dekriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menemukan bahwa, (1) SiDU Edisi Nusantara menggunakan konten reguler dan konten Ads (iklan) dengan menggunakan pendekatan hard-sell dan soft-sell; (2) SiDU melakukan campaign berupa lomba menulis #SiDUBanggaIndonesia yang bertepatan dengan launching produk SiDU Edisi Nusantara pada HUT RI ke-75; (3) Penyampaian pesan pada konten Ads ditujukan kepada orang tua (terutama ibu) sebagai customer, sementara konten reguler ditujukan kepada anak-anak sebagai konsumen; (4) Proses kreatif produk ini dilakukan oleh pihak agensi (Dipstrategy) dan berkoordinasi dengan pihak SiDU (sebagai klien); (5) Pihak agensi membuat monthly report untuk mengevaluasi konten-kontennya.
Kata Kunci: Strategi Kreatif, Pengelolaan Pesan, Media Sosial

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 17 Dec 2021 07:44
Last Modified: 17 Dec 2021 07:44
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4459

Actions (login required)

View Item
View Item