Jihan Muthia (2021) STRATEGI KREATIF SIDU EDISI NUSANTARA DALAM PENGELOLAAN PESAN MELALUI MEDIA SOSIAL TAHUN 2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (765kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
SiDU Edisi Nusantara merupakan produk buku tulis yang memiliki tema keunikan budaya lokal. Hal ini direpresentasikan melalui berbagai edisi covernya. SiDU juga mengadakan lomba menulis #SiDUBanggaIndonesia sebagai salah satu strategi kreatifnya. Strategi kreatif merupakan dasar untuk pelaksanaan eksekusi kreatif (visual dan penulisan pesan iklan). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dekriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menemukan bahwa, (1) SiDU Edisi Nusantara menggunakan konten reguler dan konten Ads (iklan) dengan menggunakan pendekatan hard-sell dan soft-sell; (2) SiDU melakukan campaign berupa lomba menulis #SiDUBanggaIndonesia yang bertepatan dengan launching produk SiDU Edisi Nusantara pada HUT RI ke-75; (3) Penyampaian pesan pada konten Ads ditujukan kepada orang tua (terutama ibu) sebagai customer, sementara konten reguler ditujukan kepada anak-anak sebagai konsumen; (4) Proses kreatif produk ini dilakukan oleh pihak agensi (Dipstrategy) dan berkoordinasi dengan pihak SiDU (sebagai klien); (5) Pihak agensi membuat monthly report untuk mengevaluasi konten-kontennya.
Kata Kunci: Strategi Kreatif, Pengelolaan Pesan, Media Sosial
Dosen Pembimbing: | Ayu Amalia, S.Sos., M.Si | NIDN0621018401 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 07:44 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 07:44 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4459 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |