Jihan Muthia (2021) STRATEGI KREATIF SIDU EDISI NUSANTARA DALAM PENGELOLAAN PESAN MELALUI MEDIA SOSIAL TAHUN 2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (488kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (188kB)
Bab I.pdf
Download (765kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (317kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (161kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (165kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (266kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (284kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
SiDU Edisi Nusantara merupakan produk buku tulis yang memiliki tema keunikan budaya lokal. Hal ini direpresentasikan melalui berbagai edisi covernya. SiDU juga mengadakan lomba menulis #SiDUBanggaIndonesia sebagai salah satu strategi kreatifnya. Strategi kreatif merupakan dasar untuk pelaksanaan eksekusi kreatif (visual dan penulisan pesan iklan). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dekriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menemukan bahwa, (1) SiDU Edisi Nusantara menggunakan konten reguler dan konten Ads (iklan) dengan menggunakan pendekatan hard-sell dan soft-sell; (2) SiDU melakukan campaign berupa lomba menulis #SiDUBanggaIndonesia yang bertepatan dengan launching produk SiDU Edisi Nusantara pada HUT RI ke-75; (3) Penyampaian pesan pada konten Ads ditujukan kepada orang tua (terutama ibu) sebagai customer, sementara konten reguler ditujukan kepada anak-anak sebagai konsumen; (4) Proses kreatif produk ini dilakukan oleh pihak agensi (Dipstrategy) dan berkoordinasi dengan pihak SiDU (sebagai klien); (5) Pihak agensi membuat monthly report untuk mengevaluasi konten-kontennya.
Kata Kunci: Strategi Kreatif, Pengelolaan Pesan, Media Sosial
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 07:44 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 07:44 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4459 |