SUJATMIKO (2013) ANALISIS EFEKTIFITAS DIMENSI KEPEMIMPINAN (STUDI KASUS PADA RSUD PROF. DR. SOEKANDAR MOJOKERTO). S2 thesis, UNSPECIFIED.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (2MB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (340kB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only
Download (440kB)
BAB. I.pdf
Download (3MB)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (16MB)
BAB. V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (791kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (541kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Keberhasilan dalam pengelolaan RSUD Prof. Dr. Soekandar berkaitan erat dengan efektifitas kepemimpinan di tingkat manajerial. Pengukuran efektifitas kepemimpinan yang telah diterapkan oleh seorang manajer dapat dinilai dari sudut pandang persepsi pegawai, sehingga dapat diketahui gap antara persepsi dan harapan dari pars pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengpersepsi dan mengidentifikasi harapan tentang kepemimpinan berdasarkan penilaian karyawan, serta menganalisis hal-hal yang menjadi proritas untuk meningkatkan efektifitas kepemimpinan berdasarkan analisis gap. Pengukuran efektifitas kepemimpinan menggunakan tiga dimensi yaitu hubungan pimpinan bawaan, struktur tugas, kekuatan posisi pemimpin. Penelitian berupa survey deskriptif yang menggunakan metode pengambilan sampel stratified random sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 126 pegawai yang menduduki jabatan dalam manajemen rumah sakit di RSUD Prof. Dr. Soekandar Mojosari Mojokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian karyawan atas efektifitas kepemimpinan di RSUD Prof. Dr. Soekandar Mojokerto.dirasakan belum sesuai dengan harapan baik di tingkat kepala bidang, kepala seksi, koordinator ruang dan staff. Sedangkan hasil analisis gap menunjukkan bahwa terdapat apresiasi yang kurang dari karyawan pada atasan kareana kurang memberikan penghargaan kepada karyawan berprestasi, promosi jabatan kepada karyawan berprestasi dan merasa kurang adil dalam memberikan hukuman kepada karyawan. Untuk meningkatkan efektifitas kepemimpinan di RSUD Prof. Dr. Soekandar Mojokerto diperlukan langkah prioritas perbaikan yaitu pengembangan visi dan mini rumah sakit, perbaikan penetapan tarif, memperkuat kemitraan, mengembangkan sumber daya manusia dan pelayanan publik.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Leadership effectiveness, perceptions, and employee expectations |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 06 May 2024 03:18 |
Last Modified: | 06 May 2024 03:18 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44739 |