SUMANGGIYO USADI (2007) EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN DI SMP MUHAMMADIYAH MOYUDAN SLEMAN. S2 thesis, UNSPECIFIED.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (3MB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (365kB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only
Download (927kB)
BAB I.pdf
Download (25MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (18MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (944kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (793kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini berjudul "Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Kemuhammadiyahan di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Moyudan, Sleman.- Penelitian survey ini dilakukan untuk mengidentifikasi pelaksanaan pembelajaran kemuhammadiyahan yang menjadi cirri khas sekolah Muhammadiyah. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (I) untuk mengetahui materi atau bahan pengajaran kemuhammadiyahan, (2) Untuk mengetahui proses kegiatan belajar mengajar dari materi kemuhammadiyahan, (3) untuk mengetahui metode dan jenis evaluasi yang digunakan guru dalam proses pembelajaran, (4) untuk mengetahui karakteristik pelajaran kemuhammadiyahan dan porsi ranah kognitif, ranah afektif dan psikomotor. Populasi penelitian ini adalah semua siswa, guru, Kepala Sekolah, dan Majlis Dikdasmen Muhammadiyah Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode penulisan dengan deskriptif, dengan metode kualitatif dan data yang bersifat kuantitatif untuk para siswa. Hasil penelitian yang diperoleh adalah .(1) bahan pengajaran kemuhammadiyahan meliputi pengertian dan tujuan pendidikan kemuhammadiyahan, sejarah berdirinya Muhammadiyah, dakwah Muhammadiyah dan mengenal pemikiran tokoh-tokoh Muhammadiyah, (2) sarana pembelajaran yang dimiliki adalah buku pegangan guru dan siswa, ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, serta tempat ibadah, (3) metode pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah ceramah, diskusi, dan tanya jawab, (4) evaluasi pembelajaran yang digunakan adalah test pilihan ganda dan tes uraian, (5) porsi pembelajaran meliputi aspek : (a) kognitif meliputi pengetahuan organisasi (33,3 %), (b) afektif meliputi pemahaman Iandasan dasar organisasi (33,3 %), (c) psikomotorik meliputi aplikasi ajaran Muhammadiyah (33,3 %), (6) karakteristik mata pelajaran kemuhammadiyahan adalah gerakan amal ajaran IsIam yang diterapkan dalam konteks sosial dan pendidikan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 06 May 2024 05:57 |
Last Modified: | 06 May 2024 05:57 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44744 |