IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS BIDANG AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN (KASUS KEPENGAWASAN PAI PADA TINGKAT SMP DI KEMENAG KOTA YOGYAKARTA)

SURINDI (2014) IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS BIDANG AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN (KASUS KEPENGAWASAN PAI PADA TINGKAT SMP DI KEMENAG KOTA YOGYAKARTA). S2 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (955kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB. I.pdf

Download (18MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Guru PAI sebagai seorang profesional mendapat amanah Undang Undang untuk mendidik, membimbing, melatih para siswa berpengetahuan yang luas, cakap, terampil dan berakhlaq mulia melalui iklim yang menarik, aman dan nyaman bagi siswanya. Pengawas scsuai amanah dan tanggungjawabnya wajib melihat, meneliti, melatih, membimbing dan menilai kinerja guru PAI agar bekerja secara profesional. Namun Implementasi supervisi Akademik selama ini menurut peneliti belum berjalan optimal. Padahal supervisi sangat berpengaruh besar dalam mencapai mutu pembelajaran. Maka penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis Implementasi supervisi klinis bidang akademik pengawas PAI , hambatan dan dampaknya bagi peningkatan mutu pembelajaran di SMP Negeri Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis melalui rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa teknik yang digunakan oleh supervisor dalam melakukan supervisi akademik telah sesuai dengan prosedur supervisi klinis. Dibuktikan bahwa tahapan-tahapan pelaksanaan, mekanisme, tujuan dan sasaran supervisi telah memenuhi unsur klinis. Implementasi supervisi klinis di kota Yoyakarta tidak dapat lepas dari hambatan klasik, jumlah pengawas yang kurang, tidak semua guru siap disupervisi dan guru sulit mengungkapkan kesulitan-kesulitanya. Akan tetapi hambatan tersebut tidak menyurutkan semangat para pengawas untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pengelolaan pembelajaran, maka ditemukanya kreasi baru supervisi klinis dengan pendekatan lesson study. Melalui supervisi klinis dengan pendekatan lesson study telah mampu meningkatkan mutu pembelajaran yang ditandai meningkatnya keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Clinical Supervision, Learning Quality Improvement
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 06 May 2024 07:57
Last Modified: 06 May 2024 07:57
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44748

Actions (login required)

View Item
View Item