SURYADIN (2014) EFEKTIVITAS PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DI MAN GODEAN. S2 thesis, UNSPECIFIED.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (2MB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (386kB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only
Download (924kB)
BAB. I.pdf
Download (2MB)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
BAB. V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (345kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (750kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (31MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar kimia antara siswa yang mengikuti pelajaran menggunakan model kooperatif learning tipe TGT dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional serta mengetahui peningkatan motivasi belajar kimia siswa sesudah mengikuti pelajaran menggunakan model kooperatif learning tipe TGT. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment. Sampel kelompok eksperimen sebanyak 22 siswa dan sampel kelompok kontrol sebanyak 23 siswa. Eksperimen berupa pembelajaran dengan model kooperatif learning tipe TGT. Penelitian dilaksanakan di MAN Godean. Data diperoleh melalui angket dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan uji-t dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) terdapat perbedaan motivasi belajar kimia antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model kooperatif learning tipe TGT dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil uji beda memperlihatkan hasil th,twig sebesar 3,618, sedang tutel sebesar 2,021, berarti thitung > ttabei. Atau jika dari harga p-value didapatkan harga p-value 0,001 < 0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kimia siswa yang belajar dengan model kooperatif learning antara motivasi belajar kimia siswa yang belajar dengan model kooperatif learning tipe TGT dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. 2) terdapat peningkatan motivasi belajar kimia siswa sesudah mengikuti pelajaran menggunakan model kooperatif leaming tipe TGT. Hal ini terlihat dari rata-rata motivasi kelompok eksperimen menunjukkan perubahan sebesar 3,57, maka terdapat peningkatan motivasi belajar kimia sesudah mengikuti pelajaran menggunakan model kooperatif leaming tipe TGT.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | learning cooperative models of TGT, motivation in learning chemistry |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 07 May 2024 02:23 |
Last Modified: | 07 May 2024 02:23 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44750 |