ULIL HUDA (2014) PENGETAHUAN DAN PERAN PENGAWAS PAI SMP KABUPATEN DEMAK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 TAHUN AJARAN 2013/2014. S2 thesis, UNSPECIFIED.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (4MB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (367kB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
BAB. I.pdf
Download (9MB)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (24MB)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (78MB)
BAB. V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (47MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) pengetahuan pengawas PAI tentang kepengawasan; (2) pengetahuan pengawas PAI terhadap Kurikulum 2013; (3) pengetahuan dan peran pengawas PAI membimbing guru dalam merencanakan program pembelajaran; (4) pengetahuan dan peran pengawas PAI membimbing guru melaksanakan program pembelajaran; (5) pengetahuan dan peran pengawas PAI membimbing guru melakukan penilaian basil belajar siswa; (6) pengetahuan dan peran pengawas PAI membimbing guru melakukan analisis basil belajar; dan (7) pengetahuan dan peran pengawas PAI melaksanakan program tindak lanjut berdasarkan hasil analisis penilaian belajar dalam implementasi Kurikulum 2013 pada SMP di Kabupaten Demak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatifievaluatif yang bersifat formatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, pengamatan, dan pencermatan. Subjek dalam penelitian ini adalah pengawas dan guru PAI SMP sasaran pelaksana Kurikulum 2013 tahun ajaran 2013/2014 di Kabupaten Demak.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pengawas PAI secara umum mengetahui konsep umum kepengawasan, hanya pada bagian indikator keberhasilan supervisi saja yang kurang mengetahui; (2) pengawas PAI secara umum kurang mengetahui dengan baik tentang konsep Kurikulum 2013; (3) pengawas PAI kurang mengetahui konsep perencanaan program pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013 dan berperan kurang baik dalam membina guru; (4) pengawas PAI kurang mengetahui konsep tentang pelaksanaan program pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013 dan perannya dalam membimbing guru adalah kurang baik; (5) pengawas PAI kurang mengetahui konsep penilaian hasil belajar peserta didik yang sesuai dengan Kurikulum 2013; dan perannya dalam membimbing guru adalah kurang baik (6) pengawas PAI mengetahui konsep tentang analisis hasil belajar dan perannya dalam membimbing guru adalah baik; dan (7) pengawas PAI mengetahui konsep pelaksanaan tindak lanjut berdasarkan analisis hasil belajar dan perannya dalam membimbing guru adalah baik.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Knowledge, the role of Islamic education supervisors, the implementation of Curriculum 2013 |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 11 May 2024 01:29 |
Last Modified: | 11 May 2024 01:29 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44764 |