USMANTO (2014) PERSEPSI GURU TERHADAP KEPENGAWASAN AKADEMIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KABUPATEN KAPUAS HULU. S2 thesis, UNSPECIFIED.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (4MB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (321kB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only
Download (896kB)
BAB I.pdf
Download (7MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (16MB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (37MB)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (39MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap kepengawasan akademik PAI di Kabupaten Kapuas Hulu. Penelitian ini dilatar belakangi oleh persepsi-persepsi yang negatif tentang kepengawasan akademik PAI. Meskipun perjalanan dan usaha pengawas dalam mengawal pendidikan sudah cukup lama serta dinaungi oleh payung hukum dan aturan perangkat yang jelas. Persepsi-persepsi negatif guru ini dipengaruhi oleh berbagai problem kepengawasan akademik PAI di Kabupaten Kapuas Hulu. Beberapa hal tersebut yang diungkapkan dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif analitis, dengan pendekatan observatonal case studies. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah Pengawas PAI, Guru-guru PAI, dan Kepala Sekolah. Keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kedudukan pengawas dipersepsikan guru PAI berada diatas kepala sekolah dan setara dengan kepala sekolah. Sedangkan fungsi kepengawasan dipersepsikan sebagai fungsi pembinaan dan bantuan kepada guru. Pelaksaan kepengawasan akademik dipersepsikan guru pada langkah pelaksanaan kepengawasan dan penggunaan teknik individual. Pelaksanaan kepengawasan akdemik juga dipersepsikan ada perbedaan intensitas supervisi terhadap guru PAI berstatus PNS dan Non-PNS. Pada aspek citra pengawas, guru-guru mempersepsikan bahwa pengawas sudah baik, serta memiliki kompetensi yang cukup, dan ada juga yang mepersepsikan pengawas sudah baik, namun belum memiliki kompetensi yang cukup. Hasil kepengawasan akademik dipersepsikan guru pada aspek bertambahnya pengetahuan guru terhadap pendidikan dan peningkatan motivasi. Pada aspek kesenjangan antara persepsi guru dan harapan pengawas, tidak terdapat kesenjangan atau perbedaan yang signifikan antara persepsi guru dan harapan pengawas.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teacher's perception, The academic supervision PAI |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 13 May 2024 02:30 |
Last Modified: | 13 May 2024 02:30 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44767 |