WAHYURIDISTIA MARHENRIYANTO (2012) STUDI KASUS PROSES AKREDITASI RSI PKU MUHAMMADIYAH PEKAJANGAN. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (3MB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (359kB)
INTISARI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (920kB)
BAB. I.pdf
Download (4MB)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (28MB)
BAB. V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (893kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (32MB)
Abstract
Latar Belakang: Regulasi mutu dan perpanjangan ijin operasional rumah sakit disyaratkan dengan akreditasi. RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan mengikuti akreditasi 5 (lima) pelayanan dengan persiapan selama 3 tahun. Melihat pentingnya akreditasi dan lamanya proses persiapan tersebut maka penulis tertarik untuk mengangkatnya dalam penelitian ini.
Tujuan penelitian: Mengamati perkembangan proses akreditasi dengan membandingkan secara time line 3 (tiga) kali self assessment pokja, bimbingan KARS dan penilaian akhir KARS serta mengetahui kontinuitas penerapan standar akreditasi dengan membandingkan penilaian akhir KARS dengan penilaian peneliti.
Metode: Jenis penelitian adalah penelitian studi kasus dengan analisis deskriptif kualitatif, dan dilakukan dengan metode pengumpulan data, observasi langsung, wawancara, akses dokumen akreditasi dan telaah pustaka.
Hasil: Perkembangan nilai akreditasi secara time line berbeda antara pokja satu dengan yang lain karena adanya perbedaan persiapan dan persepsi antar penilai. Pokja pelayanan medis dan keperawatan konsisten melaksanakan standar akreditasi sedangkan pokja IGD, RM dan administrasi kurang konsisten.
Kesimpulan dan saran: Proses persiapan akreditasi RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan berjalan naik turun, bermacam masalah muncul selama proses akreditasi, namun dengan kinerja tim akreditasi yang cukup baik, akhirnya akreditasi penuh 5 (lima) pelayanan dasar dapat tercapai. Kontinuitas pelaksanaan standar tetap terjaga walau mulai muncul ketidakdisiplinan dan kurang baiknya pelaksanaan dilapangan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Accreditation, five services, KARS, the analysis time line |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 15 May 2024 01:51 |
Last Modified: | 15 May 2024 01:51 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44774 |