TANGGUNG JAWAB PT. KERETA API LOGISTIK TERHADAP KERUSAKAN BARANG DALAM PROSES PENGIRIMAN MENGGUNAKAN KAI LOGISTIK EXPRESS

VERDINA WULAN RACHMANTI (2024) TANGGUNG JAWAB PT. KERETA API LOGISTIK TERHADAP KERUSAKAN BARANG DALAM PROSES PENGIRIMAN MENGGUNAKAN KAI LOGISTIK EXPRESS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (544kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pengangkutan barang kereta api adalah kegiatan mengangkut orang atau barang dari suatu tenpat ke tempat lain dengan selamat yang sebelumya telah diawali melalui adanya perjanjian antara pengangkut dengan penumpang atau pengirim barang menggunakan kereta api. PT. Kereta Api Logistik atau KALOG merupakan anak perusahaan yang didirikan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero) yang berfungsi untuk menciptakan nilai tambah diseluruh rantai nilai jasa distribusi logistik, termasuk jasa yang diberikan KAI seperti pengangkutan barang dan gudang. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan apabila terjadi adanya kelalaian dari pihak PT. Kereta Api Logistik dalam proses pengiriman barang menggunakan KA Logistik Express yang mengakibatkan barang milik pengguna jasa mengalami kerusakan yang kemudian bagaimana tanggung jawab yang diberikan oleh PT. Kererta Api Logistik terhadap permasalahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis-normatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder kemudian dianalisis menggunakan teknis kualitatif yang bersifat deskriptif dan disajikan dengan normatif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa pihak PT. Kereta Api Logistik akan melakukan pertanggungjawaban dengan memberikan ganti rugi kepada pihak yang dirugikan dengan ketentuan yang berlaku. Upaya hukum yang dapat ditempuh oleh pengguna layanan jasa KA Logistik Express apabila mengalami kerugian kerusakan barang dalam proses pengiriman yaitu melalui penyelesaian secara litigasi maupun non-litigasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Damage to goods, transportation of goods, PT. Kereta Api Logistik, responsibility
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 22 May 2024 03:21
Last Modified: 22 May 2024 03:21
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44922

Actions (login required)

View Item
View Item