VERDINA WULAN RACHMANTI (2024) TANGGUNG JAWAB PT. KERETA API LOGISTIK TERHADAP KERUSAKAN BARANG DALAM PROSES PENGIRIMAN MENGGUNAKAN KAI LOGISTIK EXPRESS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (544kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (228kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (19kB)
Bab I.pdf
Download (152kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (491kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (103kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (337kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (74kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (148kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (794kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (532kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Pengangkutan barang kereta api adalah kegiatan mengangkut orang atau barang dari suatu tenpat ke tempat lain dengan selamat yang sebelumya telah diawali melalui adanya perjanjian antara pengangkut dengan penumpang atau pengirim barang menggunakan kereta api. PT. Kereta Api Logistik atau KALOG merupakan anak perusahaan yang didirikan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero) yang berfungsi untuk menciptakan nilai tambah diseluruh rantai nilai jasa distribusi logistik, termasuk jasa yang diberikan KAI seperti pengangkutan barang dan gudang. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan apabila terjadi adanya kelalaian dari pihak PT. Kereta Api Logistik dalam proses pengiriman barang menggunakan KA Logistik Express yang mengakibatkan barang milik pengguna jasa mengalami kerusakan yang kemudian bagaimana tanggung jawab yang diberikan oleh PT. Kererta Api Logistik terhadap permasalahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis-normatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder kemudian dianalisis menggunakan teknis kualitatif yang bersifat deskriptif dan disajikan dengan normatif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa pihak PT. Kereta Api Logistik akan melakukan pertanggungjawaban dengan memberikan ganti rugi kepada pihak yang dirugikan dengan ketentuan yang berlaku. Upaya hukum yang dapat ditempuh oleh pengguna layanan jasa KA Logistik Express apabila mengalami kerugian kerusakan barang dalam proses pengiriman yaitu melalui penyelesaian secara litigasi maupun non-litigasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Damage to goods, transportation of goods, PT. Kereta Api Logistik, responsibility |
Divisions: | Fakultas Hukum > Hukum S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 22 May 2024 03:21 |
Last Modified: | 22 May 2024 03:21 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44922 |