SOFI SUKMASARI (2024) MARKETING COMMUNICATION STRATEGY IMPLEMENTATION OF THE BANTUL REGENCY TOURISM DEPARTMENTS'S INSTAGRAM @JEALAJAHBANTUL.ID TO INCREASE FOLLOWERS IN 2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (364kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (184kB)
Bab I.pdf
Download (220kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (338kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (121kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (145kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (580kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (22MB)
Abstract
Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul secara strategis memposisikan Instagram sebagai platform utama dalam strategi pemasarannya. Dengan memanfaatkan Instagram, dinas ini melaksanakan komunikasi pemasaran yang efektif, memastikan keterlibatan yang cepat dan luas dengan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi strategi komunikasi pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul melalui Instagram dengan fokus peningkatan follower pada tahun 2023 pada akun Instagram @jelajahbantul.id sebagai pengganti akun @dinparbantul yang diretas pada tanggal 3 Agustus 2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Data untuk penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara terstruktur dan analisis dokumen. Narasumber yang diwawancarai antara lain tiga orang pegawai Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul dan dua orang pengikut akun @jelajahbantul.id. Selain itu, analisis dokumen dilakukan dengan memeriksa postingan, komentar, dan DM di akun Instagram @jelajahbantul.id yang dikumpulkan melalui tangkapan layar. Pemilihan sampel mengikuti kriteria yang ditentukan oleh peneliti. Temuan penelitian mengungkapkan, dari enam strategi yang diterapkan Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul pada akun Instagramnya, ada beberapa yang terbukti paling efektif dalam meningkatkan follower: increasing engagement dan collaboration. Increasing engagement muncul sebagai strategi unggulan dalam meningkatkan jumlah pengikut increasing engagement strategi ini diadopsi sebagai pendekatan khas untuk membedakan dari dinas-dinas yang lain dan unggul dalam pelayanan publik, sedangkan collaboration menjadi strategi yang paling intensif diterapkan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul. Strategi muncul sebagai hal yang luar biasa, menjadi fokus utama implementasi selama periode pasca-peretasan di Dinas ini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketing, Communication, Strategy, Instagram, Followers |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 27 May 2024 05:29 |
Last Modified: | 27 May 2024 05:29 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45021 |