ANALISIS KEMAMPUAN REFLEKSI DIRI MAHASISWA PROGRAM STUDI FARMASI FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

SHABRINA FILDZA NUSANDANI (2024) ANALISIS KEMAMPUAN REFLEKSI DIRI MAHASISWA PROGRAM STUDI FARMASI FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (611kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Menurut Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2023 tentang Standar Profesi Apoteker, disebutkan bahwa salah satu kompetensi yang harus dimiliki apoteker adalah mampu melakukan refleksi diri dalam praktik kefarmasian yang termasuk kedalam kompetensi mawas diri dan pengembangan diri. Refleksi diri dapat menjadi peningkatan kompetensi dengan merenungkan pengalaman kerja dan tindakan yang telah dilakukan sehingga seorang apoteker dapat mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan mereka.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan refleksi diri serta hubungannya dengan karakteristik yang dimiliki mahasiswa Prodi Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik menggunakan pendekatan cross-sectional dengan populasi mahasiswa aktif Farmasi UMY angkatan 2020-2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik convenience sampling yang dihitung menggunakan rumus Slovin dengan jumlah 227 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan google form menggunakan kuesioner GRAS (Groningen Reflection Ability Scale) yang dibagi dalam 3 aspek yaitu aspek refleksi diri, refleksi empatik, dan komunikasi reflektif. Karakteristik mahasiswa yang akan diteliti adalah usia, jenis kelamin, asal daerah, angkatan, dan prestasi mahasiswa. Data dianalisis secara statistik deskriptif dan uji korelasi Chi-Square untuk mengetahui hubungan kemampuan refleksi diri dengan karakteristik mahasiswa yang ditampilkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan refleksi diri yang dimiliki mahasiswa Farmasi UMY tinggi dengan rata-rata skor 87,31. Mahasiswa dengan kemampuan refleksi diri tinggi sebanyak 66,7 persen sedangkan 33,3 persen mahasiswa mempunyai kemampuan refleksi diri sedang, dan 0 persen mahasiswa mempunyai kemampuan refleksi diri yang rendah. Berdasarkan hasil uji Chi-Square, tidak terdapat hubungan yang bermakna antara karakteristik mahasiswa usia, jenis kelamin, asal daerah, angkatan, dan prestasi mahasiswa dengan kemampuan refleksi diri (p>0.05). Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa sebagian besar mahasiswa Farmasi UMY mempunyai kemampuan refleksi diri yang tinggi dan hal tersebut tidak berhubungan dengan karakteristik mahasiswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Self Reflection, Pharmacy Students, Characteristics, Groningen Reflection Ability Scale (GRAS)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Farmasi S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 25 May 2024 06:08
Last Modified: 25 May 2024 06:08
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45053

Actions (login required)

View Item
View Item