PUTERI DIANTI (2024) METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN MEDICATION ADMINISTRATION PADA PENDIDIKAN KEPERAWATAN UNTUK MENCEGAH MEDICATION ERROR: SCOPING REVIEW. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (373kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (992kB) |
Abstract
Kesalahan pengobatan sering terjadi pada tahap pemberian obat. Salah satu faktor penyebab kesalahan tersebut adalah kurangnya kompetensi petugas kesehatan dalam pemberian obat. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran dan pengajaran yang tepat dan efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa keperawatan tentang pemberian obat sehingga dapat mencegah kesalahan pengobatan di masa depan. Penelitian ini merupakan Scoping review yang bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai metode pembelajaran yang telah digunakan dalam pengajaran Medication safety. Artikel diambil dari beberapa database seperti PubMed, ProQuest, Science Direct, dan Springerlink dari tahun. Kata kunci yang digunakan antara lain �metode pembelajaran�, �strategi pembelajaran�, �administrasi obat�, dan �pendidikan keperawatan�. Peneliti menemukan beberapa strategi pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran pemberian obat berdasarkan penelusuran literatur. Diantaranya pembelajaran berbasis simulasi, Game 3D simulasi, Computer-Based Virtual Learning Environment (CBVLE) dan Web-Based Virtual Learning Environmen. Metode lainnya seperti pelatihan berbasis kerangka Teaching for Understanding (TfU), lecture demonstration & video demonstration, pembelajaran flipped classroom (FC) dengan pendekatan near-peer education (NPE), Medication error encouragement training (MEET), dan pelatihan keamanan obat menggunakan pendekatan 4C/ID
Dosen Pembimbing: | Lisa Musharyanti, Dr., S.Kep., Ners., M.Med.Ed. and Erna Rochmawati, S.Kp., MNSc., M.Med.Ed., Ph.D. | NIDN0525118001, NIDN0525107901 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S2) |
Uncontrolled Keywords: | Teaching Methods, Learning Strategies, Medication Administration, Nursing Education |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Magister Keperawatan |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 28 May 2024 02:59 |
Last Modified: | 28 May 2024 02:59 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45256 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |