LUDOVIKUS DUHU (2024) EFEKTIFITAS METODE TEAM BASED LEARNING TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PATIENT SAFETY MAHASISWA KEPERAWATAN POLITEKNIK KALTARA. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (645kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (423kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (596kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (971kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Background: Keselamatan pasien terjamin bila kompetensi sebagai tenaga kesehatan dalam mencegah terjadinya kesalahan medis akibat human eror seperti kecacatan atau kematian pada pasien, tidak terjadi. Mahasiswa keperawatan sebagai calon tenaga kesehatan perlu memiliki pemahaman patient safety melalui model pembelajaran Team Based Learning (TBL) sebagai pembelajaran aktif student center learning.Purpose: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas metode TBL terhadap pencapaian kompetensi patient safety mahasiswa keperawatan.Methods: Desain penelitian kuantitatif dengan quasi eksperimen pre-test-post-test with control group, jumlah sampel 60 responden, mahasiswa keperawatan semester tiga politeknik Kaltara. Analisa data menggunakan uji statistik Pair t-test, Independent t-test dan analisis Effect Size Cohen's.Results: Analisis hasil statistik dengan Pired t test didapatkan peningkatan signifikan pada kelompok perlakuan kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan dibandingkan dengan kelompok kontrol, dengan p value 0.000. Pada kelompok kontrol didapatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan dengan nilai p value berturut-turut 0.746; 0.211 dan 0.224. Hasil uji beda antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol diperoleh pengetahuan, sikap dan keterampilan dengan p value berturut-turut 0,005; 0,000 dan 0.188. Artinya terjadi perbedaan signifikan pengetahuan dan sikap sasaran keselamatan pasien, sedangkan kompetensi psikomotor tidak ada perbedaan yang signifikan. Dan analisis uji effect cohen's diperoleh pengetahuan, sikap dan keterampilan berturut-turut 0.9; 1.7 dan 1.2.Conclusion: Penelitian ini menunjukkan peningkatan signifikan pada kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan sasaran keselamatan pasien sebelum dan sesudah TBL dan terjadi perbedaan signifikan kompetensi pengetahuan dan sikap sasaran keselamatan pasien antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol sesudah intervensi TBL serta tidak ada perbedaan signifikan pada kompetensi keterampilan.
Dosen Pembimbing: | Wiwik Kusumawati, Dr. dr., M.Kes. | NIDN0527056601 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S2) |
Uncontrolled Keywords: | Team-based learning, student competency, patient safety |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Magister Keperawatan |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 06:51 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 06:51 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45266 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |