STUDI NETNOGRAFI PADA AKUN INSTAGRAM @LENSAMU SEBAGAI MEDIA PENYEBARAN PESAN DAKWAH AGAMA ISLAM UNTUK GEN Z

WAFA NURHUBAYNI (2024) STUDI NETNOGRAFI PADA AKUN INSTAGRAM @LENSAMU SEBAGAI MEDIA PENYEBARAN PESAN DAKWAH AGAMA ISLAM UNTUK GEN Z. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dengan pesatnya pertumbuhan teknologi, penting untuk memahami peran media sosial, khususnya Instagram, dalam menyebarkan pesan dakwah. Generasi Z merupakan kelompok yang signifikan dalam penggunaan media sosial, termasuk dalam menerima pesan dakwah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial Instagram pada akun @lensamu sebagai penyebaran pesan dakwah. Hal ini dapat membantu dalam menyusun strategi yang lebih efektif dalam penyebaran pesan agama di era digital. Selain itu, untuk memahami dan menganalisis interaksi, konten, dan dampak yang dihasilkan oleh akun tersebut dalam menyebarkan pesan dakwah di kalangan generasi Z. Teori yang digunakan sebagai landasan adalah Teori Interaksi Simbolik yang dikemukakan oleh Herbert Blumer. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan netnografi sebagai pendekatan utama. Hasil penelitian netnografi ini menunjukan bahwasanya akun Instagram @lensamu menyajikan konten-konten dengan memiliki fokus utama yang kuat pada pesan dakwah Islam dengan memanfatkan potongan Surah Al-Qur'an, Hadits dan Quotes Islami yang relevan, akun ini berhasil menciptakan konten-konten yang tidak hanya mementingkan estetika, tetapi juga informatif dan edukatif bagi pengikutnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Netnography, Instagram, Da'wah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 11 Jun 2024 06:02
Last Modified: 11 Jun 2024 06:02
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45292

Actions (login required)

View Item
View Item