ANALYSIS THE IMPACT OF PARASOCIAL RELATIONSHIP ON INSTAGRAM INFLUENCER ON PURCHASE DECISION (STUDY ON BUTTONSCARVES CONSUMERS)

NAZILA REGITA PUTRI YASTIA (2024) ANALYSIS THE IMPACT OF PARASOCIAL RELATIONSHIP ON INSTAGRAM INFLUENCER ON PURCHASE DECISION (STUDY ON BUTTONSCARVES CONSUMERS). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Influencer Marketing pada produk kancing melalui Media Sosial Instagram terhadap Hubungan Parasosial yang berakibat pada Keputusan Pembelian. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 390 responden yang berusia 17 tahun ke atas. Data diperoleh dengan mengisi kuesioner melalui Google Form yang disebarkan.Teknik analisis data kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan model struktural dengan bantuan software AMOS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pada variabel Social Attraction terhadap Parasocial Relationship, Parasocial Relationship terhadap Informational Influence, Parasocial Relationship terhadap Perceived Credibility, dan Informational Influence terhadap Keputusan Pembelian. Namun penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan variabel Task Attraction terhadap Parasocial Relationship dan Perceived Credibility terhadap Keputusan Pembelian. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang negatif dan tidak signifikan pada variabel Physical Attraction terhadap Parasocial Relationship, variabel Online Comment dalam memoderasi Parasocial Relationship terhadap Informational Influence, dan variabel Online Comment dalam memoderasi Parasocial Relationship pada Kredibilitas yang Dirasakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Social Media Marketing, Parasocial Relationship, Online Comment, Purchase Decision
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 11 Jun 2024 06:01
Last Modified: 11 Jun 2024 06:01
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45293

Actions (login required)

View Item
View Item