PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE PADA AKUN AYASHA HIJAB HOUSE

Nadia Al Haq (2021) PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE PADA AKUN AYASHA HIJAB HOUSE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (820kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (431kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

<p>Instagram sebagai salah satu platform media sosial yang saat ini cukup populer di kalangan masyarakat. Faktor kepopulerannya tersebut karena Instagram memiliki fitur-fitur yang menarik yang bisa dimanfaatkan. Ayasha Hijab merupakan suatu bisnis yang menjual berbagai macam jenis hijab di Yogyakarta yang menggunakan media sosial Instagram sebagai media pemasarannya. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi Instagram yang dipilih sebagai media komunikasi pemasaran <em>online</em> oleh akun Ayasha Hijab House. Metode yang digunakan dalam penelitian yang dilakukan oleh penulis ini yaitu metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam dan dokumenasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ayasha melakukan pemanfaatan Instagram ini untuk mempromosikan produk Ayasha dan memperkenalkan <em>brand</em> Ayasha di mayarakat. Melalui fitur-fitur di Instagram yaitu Unggah Foto dan Video terkait produk, <em>Caption</em> untuk memberikan informasi secara mendetail terkait produk yang diposting, menambahkan <em>Hashtag</em> untuk mempermudah pencarian, kemudian fitur Komentar untuk interaksi dengan para <em>followers</em>, <em>Instagram Story</em> yang digunakan untuk status kegiatan pada hari itu baik tentang stok produk, <em>update</em> keadaan toko, <em>review</em> produk, dan lain sebagainya. Fitur lainnya yaitu menggunakan <em>Highlight</em> dan IGTV. Konsistensi Ayasha dalam menggunakan Instagram sebagai media pemasarannya juga menjadi salah satu poin keberhasilannya dalam menjalani bisnis ini. Sehingga penjualan Ayasha Hijab mengalami peningkatan. Baik dari segi penjualannya maupun <em>followers</em>-nya yang saat ini sudah meningkat hingga 168 ribu <em>followers</em>.</p>

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 17 Dec 2021 02:57
Last Modified: 17 Dec 2021 02:57
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4530

Actions (login required)

View Item
View Item