SALSABILLA LISTIYA SURYA AYU SAPUTRI (2024) VISUALIZING LEARNING: STUDENTS' PERCEPTIONS OF SLIDE PRESENTATIONS USAGE IN TEACHING AND LEARNING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (775kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (468kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13kB)
Bab I.pdf
Download (93kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (152kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (92kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (104kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (15kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (145kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (53kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (223kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Saat ini hampir semua jenjang pendidikan menggunakan slide presentasi sebagai media untuk membantu proses belajar mengajar. Presentasi slide memiliki manfaat untuk setiap tujuan penggunaannya. Presentasi slide dianggap sederhana bagi siswa tertentu, namun dalam praktiknya, siswa lain masih kesulitan melakukannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana siswa percaya bahwa presentasi slide dapat meningkatkan pengalaman belajar secara keseluruhan dan untuk memastikan bagaimana siswa memanfaatkan kreativitas untuk membuat presentasi slide yang menawan sehingga meningkatkan pengalaman belajar audiens mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan menawarkan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di salah satu Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di sebuah universitas Islam swasta di Yogyakarta. Selain itu, penelitian ini melibatkan enam siswa ELED sebagai partisipan penelitian ini. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan wawancara terbuka terstandar. Temuan pertama menunjukkan siswa percaya bahwa presentasi slide meningkatkan pengalaman belajar secara keseluruhan. Beberapa faktor yang mempengaruhi pengalaman belajar siswa yaitu: visual dan kejelasan, informasi terorganisir, keterlibatan dan perhatian, pembelajaran kolaboratif serta aksesibilitas dan ulasan. Temuan kedua mengungkapkan bahwa setiap siswa memiliki strategi masing-masing dalam memanfaatkan kreativitas dalam membuat slide presentasi yang menawan untuk meningkatkan pengalaman belajar. Strategi tersebut antara lain visual yang menarik, pengintegrasian multimedia, perancangan strategi inovatif, mempertimbangkan pendekatan yang berpusat pada penonton, serta dengan melatih dan melibatkan penonton.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | visualizing learning, presentation slide, learning experience |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 07:23 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 07:23 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45371 |