PENGELOLAAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) "PENYULUHAN DAN PEMERIKSAAN WARGA SEKITAR" RUMAH SAKIT UMUM PKU MUHAMMADIYAH BANTUL (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA PROGRAM PENYULUHAN DAN PEMERIKSAAN RSU PKU MUHAMMADIYAH BANTUL TAHUN 2022)

NADILLA MUTIARA MAHARANI (2024) PENGELOLAAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) "PENYULUHAN DAN PEMERIKSAAN WARGA SEKITAR" RUMAH SAKIT UMUM PKU MUHAMMADIYAH BANTUL (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA PROGRAM PENYULUHAN DAN PEMERIKSAAN RSU PKU MUHAMMADIYAH BANTUL TAHUN 2022). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39MB)

Abstract

Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Bantul merupakan salah satu Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di bidang kesehatan. Program Penyuluhan dan Pemeriksaan Warga sekitar merupakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang diadakan oleh RSU PKU Muhammadiyah Bantul dengan tujuan untuk menganalisis Perencanaan Program Corporate Social Responsibility (CSR) Penyuluhan dan Pemeriksaan Warga Sekitar Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Bantul kepada masyarakat Lansia Kampung Gedriyan yang membutuhkan bantuan ilmu kesehatan, pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat secara gratis melalui kegiatan penyuluhan materi sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dilaksanakan sejak bulan Januari 2022. Metode penelitian yang digunakan yaitu Deskriptif Kualitatif dengan pengumpulan data masyarakat melalui wawancara mendalam dengan pihak RSU PKU Muhammadiyah Bantul dan masyarakat penerima program. Metode ini juga didukung dengan beberapa data dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini diuji dengan teknik keabsahan data menggunakan trigulasi sumber data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) melakukan tahapan perencanaan program yang melibatkan pihak internal RSU PKU Muhammadiyah Bantul, Dukuh Kampung Gedriyan dan perwakilan dari warga Kampung Gedriyan untuk menentukan tujuan, serta sasaran program. Tahapan pelaksanaan program melalui kegiatan penyuluhan kesehatan, pemeriksaan dan pengobatan gratis. Tahap evaluasi internal ini termasuk evaluasi formatif, sudah dijalankan secara rutin. Evaluasi ini dilakukan setelah diselesaikannya program dan diadakan di Gedung pertemuan rumah sakit. Evaluasi dilaksanakan dengan melakukan diskusi internal oleh pihak rumah sakit. Evaluasi dilakukan setelah diselesaikannya program, sehingga dapat memberdayakan dan membantu memberikan perubahan perilaku masyarakat lansia menuju hidup bersih dan sehat, namun dalam Kegiatan evaluasi ini belum melibatkan masyarakat Kampung Gedriyan. Kegiatan evaluasi ini dapat dikatakan efektif karena hasilnya, dapat menjadi bahan masukan dan perbaikan untuk kegiatan program berikutnya dan apabla dilakukan evaluasi Bersama masyarakat akan lebih baik. Manfaat yang didapatkan bagi peserta program sejak melakukan tahap perencanaan hingga evaluasi (CSR) dilakukan untuk melakukan perubahan perilaku sehingga membantu memberikan perubahan pola hidup masyarakat lansia menuju Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pelaksanaan program mengutamakan kebutuhan masyarakat Kampung Gedriyan khususnya masyarakat lansia peserta penerima manfaat program. Program ini dikatakan sukses dan berhasil terlihat dari antusias peserta saat mengikuti program, serta meningkatnya jumlah peserta dari jadwal program pertama hingga jadwal program berikutnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR), Counseling and Inspection Program for Surrounding Residents, Gedriyan Bantul Village, RSU PKU Muhammadiyah Bantul
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 10 Jun 2024 04:28
Last Modified: 10 Jun 2024 04:28
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45401

Actions (login required)

View Item
View Item