WAHID HUSNUL KHALIK (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF GREENPEACE INDONESIA DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP TRIPLE PLANETARY CRISIS MELALUI MEDIA INSTAGRAM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (361kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (183kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (16kB)
Bab I.pdf
Download (128kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (283kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (32kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (101kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (134kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (322kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (448kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Lingkungan hidup merupakan suatu Rahmat Tuhan yang sudah seharusnya kita jaga dan lestarikan, agar semua yang terkandung padanya dapat menjadi penunjang keberlanjutan bagi semua makhluk hidup didalamnya. Namun tak dapat kita pungkiri, bahwa saat ini planet tempat kita tinggal yaitu bumi, sedang dilanda oleh tiga ancaman krisis atau yang dikenal dengan istilah Triple Planetary Crisis. Tiga krisis tersebut adalah polusi, perubahan iklim dan kehilangan keanekaragaman hayati. Untuk mencegah krisis yang sedang melanda bumi tersebut, Greenpeace Indonesia, yang merupakan sebuah NGO lingkungan melakukan komunikasi persuasif melalui media Instagramnya untuk dapat membangun kesadaran masyrakat terhadap Triple Planetary Crisis agar dapat mencegah atau mengurangi dampak dari krisis tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi persuasif Greenpeace Indonesia dalam meningkatkan kesadaran masyarakat di Indonesia agar mencegah dan mengurangi dampak dari Triple Planetary Crisis melalui media Instagram. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yakni menggambarkan bagaimana strategi komunikasi persuasif yang dilakukan Greenpeace Indonesia dalam meningkatkan kesadaran masyarakat di Indonesia agar mencegah dan mengurangi dampak dari Triple Planetary Crisis melalui media Instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan atau strategi komunikasi persuasif Greenpeace Indonesia dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadapa Triple Planetary Crisis melalui media Instagram adalah: (1) Menetapkan spesifikasi tujuan, (2) Identifikasi sasaran, (3) Perumusan strategi, (4) Penerapan metode komunikasi persuasif Icing Device, Fear Arrousing.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persuasive Communication Strategy, Greenpeace Indonesia, Triple Planetary Crisis, Instagram |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 04:19 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 04:19 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45407 |