ANDRES ANIBAL BARAS SAN MARTIN (2024) EXPLORING LEARNING BEHAVIOURS FOR FOSTERING ESL STUDENTS' CONCORDANCE SKILLS: A PHENOMENOLOGICAL STUDY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (291kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (235kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8kB)
Bab I.pdf
Download (224kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (242kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (74kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (332kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (203kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (252kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (480kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (293kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pertumbuhan pendidikan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Kedua (ESL) didorong oleh globalisasi dan multikulturalisme, dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan bahasa dan mendorong komunikasi antar budaya. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa konkordansi dapat meningkatkan proses belajar mengajar dan meningkatkan kompetensi linguistik dengan memastikan akurasi, kejelasan, dan konsistensi. Salah satu atribut yang dapat mendorong pengembangan keterampilan konkordansi adalah kesadaran terhadap perilaku belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi kualitatif untuk menjelaskan perilaku belajar efektif yang berkontribusi terhadap pengembangan keterampilan konkordansi, serta persepsi tentang peran guru dalam membantu proses ini. Untuk melakukan analisis menyeluruh terhadap perilaku belajar siswa ESL di Indonesia, sekelompok 10 siswa ESL dari sebuah institusi swasta di Yogyakarta dipilih menggunakan purposive sampling untuk mengumpulkan informasi tentang strategi pembelajaran, hambatan, solusi, dan perspektif mereka terhadap peran guru. Temuan penelitian menunjukkan kecenderungan terhadap strategi kognitif, seperti alat digital, yang menekankan kualitas menarik dan kenyamanannya. Namun, ada kecenderungan budaya yang mengutamakan akurasi di atas kelancaran. Selain itu, penelitian ini menekankan pentingnya strategi afektif, khususnya dampak dari mendorong lingkungan belajar yang positif dan menarik. Meskipun mengakui pentingnya guru, hambatan seperti komunikasi budaya dan ketakutan membuat kesalahan menghambat beberapa metodologi pembelajaran. Temuan ini menekankan pentingnya mempertimbangkan unsur budaya dan pedagogi dalam pelatihan bahasa untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan efektif. Studi ini menyarankan agar instruktur dan perancang kurikulum harus menerapkan beragam taktik pengajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi individu.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Concordance skills, learning behaviour |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 03:25 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 03:25 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45432 |