HIJA HAMID FAUJI (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI KEPUTUSAN MENTERI AGAMA (KMA) NOMOR 138 TAHUN 2019 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS XII DI MAN 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (317kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab I.pdf
Download (296kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (357kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (202kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (908kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (153kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (882kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (586kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Pembelajaran bahasa Arab di seluruh madrasah negeri di Indonesia diatur melalui kurikulum KMA Nomor 183 Tahun 2019. Seluruh madrasah baik MI, MTs maupun MA wajib menerapkan kurikulum ini dalam pembelajaran bahasa Arab. Ditemukan di sebagian sekolah bahwa penerapan kurikulum ini belum sempurna. Peneliti bermaksud melaksanakan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana upaya penerapan kurikulum KMA 183 ini di MAN 2 Yogyakarta dan apa saja hambatan-hambatan dalam pelaksanaannya. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif, menggunakan data primer yang dihimpun melalui wawancara dengan guru dan siswa kelas XII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum KMA 183 sudah diterapkan sejak tahun 2019 pada aspek perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran bahasa Arab, serta implementasi karakteristik pembelajaran bahasa Arab yang sesuain dengan rencana yang tertuang dalam kurikulum. Prinsip-prinsip dan kebijakan yang direncanakan di dalam kurikulum telah diimplementasikan secara sesuai. Namun, terdapat hambatan dalam pelaksanaannya seperti kompetensi siswa yang beragam sehingga menyulitkan guru saat menyampaikan materi. Hambatan lain seperti alokasi waktu pembelajaran yang dirasa tidak cukup oleh guru sehingga terkadang penyampaian materi tidak tuntas. Selain itu, sekolah tidak membuat kebijakan untuk mewajibkan berbahasa Arab di lingkungan sekolah, padahal rencana tersebut telah tercantum di dalam kurikulum.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Curriculum, KMA 183, Arabic, Implementation, MAN 2 Yogyakarta |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 03:13 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 03:13 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45435 |