DIAH AYU SRI LESTARI (2024) PENGAWASAN OTORITAS JASA KEUANGAN TERHADAP PENGAMANAN DATA PRIBADI NASABAH DALAM LAYANAN DIGITAL BANK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (494kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (504kB)
Bab I.pdf
Download (294kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (395kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (239kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (435kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (189kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (258kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (428kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (725kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Perkembangan teknologi dan komunikasi telah mengikuti perkembangan perbankan Indonesia saat ini. Electronic Banking adalah sistem layanan yang ditawarkan oleh institusi keuangan seperti bank untuk memungkinkan sejumlah transaksi keuangan dilakukan langsung oleh pelanggan melalui perangkat mobile seperti ponsel. Namun, seiring munculnya layanan Electronic Banking dalam dunia perbankan, semakin sulit untuk menjamin kerahasiaan data pribadi nasabah tersebut. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana mekanisme pengawasan yang dilakukan oleh OJK dalam hal melindungi data pribadi nasabah dalam transaksi Electronic Banking dan mengetahui upaya hukum yang dapat ditempuh oleh nasabah yang terkena pembobolan data pribadi melalui phishing. Penelitian hukum yang digunakan oleh penulis adalah penelitian hukum yuridis normatif sesuai dengan judul dan permasalahan yang akan dibahas. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data sekunder dengan bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Untuk mengumpulkan data, digunakan teknik studi kepustakaan dan wawancara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, pendekatan perundang-undangan. Mekanisme pengawasan yang dilakukan oleh OJK dibagi menjadi dua bagian, yaitu pengawasan sesuai dengan fungsi pengawasan yang telah menjadi kewenangan OJK dan pengawasan terhadap kegiatan yang dilakukan oleh bank dan upaya yang dapat ditempuh oleh nasabah yang terkena phishing yaitu pengaduan kepada bank kemudian dilanjutkan dengan pelaporan kasus kepada pihak kepolisian.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Electronic Banking, Personal Data, Phishing |
Divisions: | Fakultas Hukum > Hukum S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 08 Jun 2024 07:34 |
Last Modified: | 08 Jun 2024 07:34 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45447 |