NABILA ESA REFA LEVI (2024) PERAN PERUSAHAAN MULTINASIONAL BERBASIS E-COMMERCE PADA PRTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA 2019-2023 (STUDI KASUS: SHOPEE PTE.LTD,.). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (722kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (134kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (202kB)
Bab I.pdf
Download (233kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (277kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (209kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (110kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (176kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (525kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kurun waktu tahun 2019 sampai dengan 2023 salah satunya didukung oleh perkembangan teknologi informasi yang semakin kondusif untuk mengembangkan perdagangan berbasis e-commerce. Dipengaruhi oleh e-commerce, pengiriman dan transportasi makanan, perjalanan online, dan media online, industri digital Indonesia telah meningkat secara signifikan dari 41 miliar dolar pada tahun 2019 menjadi 77 miliar dolar pada tahun 2022, dan diproyeksikan akan meningkat menjadi 130 miliar dolar pada tahun 2025.Untuk membatasi fokus pembahasan dalam penelitian ini agar tetap dalam jalur dengan judul yang telah disajikan, maka penulis menganalisis tentang peran perusahaan multinasional berbasis e-commerce dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan studi kasus Shopee. Model bisnis berbasis internet, seperti e-commerce, dapat mendorong pertumbuhan bisnis selain menciptakan lingkungan yang mendukung inovasi. Ini ditunjukkan dalam ilustrasi berikut karena keunggulannya dalam meningkatkan efisiensi dan memberikan insentif tambahan untuk bisnis.E-commerce telah mengubah perilaku konsumen dan model bisnis di Indonesia. Negara ini telah melihat peningkatan yang signifikan dalam penggunaan e-commerce, dengan persentase pengguna internet yang tinggi memanfaatkan fasilitas e-commerce. Nilai ekonomi digital di Indonesia diperkirakan akan terus meningkat, didorong oleh meningkatnya adopsi e-commerce.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Commerce, Indonesia's Economic Growth, Multinational Corporation, Shopee |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 08 Jun 2024 06:46 |
Last Modified: | 08 Jun 2024 06:46 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45448 |