WA ODE RINA MUSLITA (2024) THE VISUAL SEMIOTIC ANALYSIS OF THE DIGITAL CAMPAIGN OF REAL MASJID ON THE INSTAGRAM ACCOUNT IN VOICING SUPPORT FOR PALESTINE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (450kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (179kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (32kB)
Bab I.pdf
Download (212kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (234kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (75kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (46kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (116kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (408kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis semiotika visual dalam kampanye digital yang dilakukan oleh akun Instagram Real Masjid (@realmasjid.official) dalam menyuarakan mendukung terhadap Palestina. Penelitian ini menggunakan teori analisis semiotika dari Charles Sanders Pierce dan konsep Marketing 1.0, 2.0, dan 3.0 dari Philip Kotler, untuk mengkaji konten visual berupa foto dan video yang terkait dengan isu Palestina. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, memfokuskan pada aspek ilustrasi, layout, tipografi, warna, dan logo dalam konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kampanye Real Masjid memanfaatkan desain visual yang efektif dan konsisten dengan brandbook mereka, berhasil menyampaikan pesan yang kuat dan emosional. Analisis menegaskan pentingnya komunikasi horizontal yang autentik dan berpusat pada manusia, didorong oleh nilai dan berorientasi pada partisipasi konsumen, sesuai dengan prinsip Marketing 3.0, dalam meningkatkan kesadaran dan dukungan untuk Palestina. Kampanye Real Masjid dianggap sebagai model kampanye digital yang efektif, menawarkan kerangka kerja bagi masjid, komunitas, dan aktivis lain serupa dalam advokasi isu kemanusiaan melalui media digital.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Visual Semiotics, Digital Campaign, Palestine, Marketing 3.0 |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 08 Jun 2024 06:14 |
Last Modified: | 08 Jun 2024 06:14 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45457 |