THE VISUAL SEMIOTIC ANALYSIS OF THE DIGITAL CAMPAIGN OF REAL MASJID ON THE INSTAGRAM ACCOUNT IN VOICING SUPPORT FOR PALESTINE

WA ODE RINA MUSLITA (2024) THE VISUAL SEMIOTIC ANALYSIS OF THE DIGITAL CAMPAIGN OF REAL MASJID ON THE INSTAGRAM ACCOUNT IN VOICING SUPPORT FOR PALESTINE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis semiotika visual dalam kampanye digital yang dilakukan oleh akun Instagram Real Masjid (@realmasjid.official) dalam menyuarakan mendukung terhadap Palestina. Penelitian ini menggunakan teori analisis semiotika dari Charles Sanders Pierce dan konsep Marketing 1.0, 2.0, dan 3.0 dari Philip Kotler, untuk mengkaji konten visual berupa foto dan video yang terkait dengan isu Palestina. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, memfokuskan pada aspek ilustrasi, layout, tipografi, warna, dan logo dalam konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kampanye Real Masjid memanfaatkan desain visual yang efektif dan konsisten dengan brandbook mereka, berhasil menyampaikan pesan yang kuat dan emosional. Analisis menegaskan pentingnya komunikasi horizontal yang autentik dan berpusat pada manusia, didorong oleh nilai dan berorientasi pada partisipasi konsumen, sesuai dengan prinsip Marketing 3.0, dalam meningkatkan kesadaran dan dukungan untuk Palestina. Kampanye Real Masjid dianggap sebagai model kampanye digital yang efektif, menawarkan kerangka kerja bagi masjid, komunitas, dan aktivis lain serupa dalam advokasi isu kemanusiaan melalui media digital.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Visual Semiotics, Digital Campaign, Palestine, Marketing 3.0
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 08 Jun 2024 06:14
Last Modified: 08 Jun 2024 06:14
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45457

Actions (login required)

View Item
View Item