FIRDA FATIMATHUZAHRA (2024) IMPLEMENTASI E-KATALOG SEBAGAI MEDIA PROMOSI UMKM UNGGULAN DI KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (570kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (180kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (17kB)
Bab I.pdf
Download (369kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (430kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (971kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (145kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (176kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (258kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Pengadaan barang dan jasa pemerintah merupakan suatu kegiatan dalam pemenuhan kebutuhan barang/jasa Kementrian, Lembaga, Perangkat Daerah, dan Instansi Pemerintah dalam mewujudkan pembangunan nasional. Namun dalam praktiknya di Indonesia, aktivitas pengadaan barang/jasa pemerintah sangat rentan terhadap tindak korupsi karena berhubungan dengan sejumlah dana yang besar. Seiring dengan perkembangan sistem TIK, maka diundangkan Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Pengadaan barang/jasa pemerintah secara elektronik atau e-procurement menggunakan aplikasi e-katalog yang memiliki sistem transparan dan terbuka. Kabupaten Purworejo merupakan salah satu kabupaten yang memanfaatkan e-katalog sebagai implementasi penuh dari e-procurement sekaligus media promosi bagi produk/jasa unggulan dari UMKM. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana implementasi e-katalog dan penggunaan e-katalog sebagai media promosi oleh UMKM di Kabupaten Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi lapangan untuk mengetahui implementasi e-katalog dan penggunaan e-katalog sebagai media promosi UMKM di Kabupaten Purworejo. Narasumber dari penelitian ini adalah LPSE Kabupaten Purworejo dan pelaku UMKM yang tergabung dalam e-katalog lokal Kabupaten Purworejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya implementasi e-katalog di Kabupaten Purworejo sudah berjalan baik, namun masih terkendala oleh kurangnya SDM pelaksana dan rendahnya kemampuan TIK oleh pelaku UMKM. Adapun e-katalog dijadikan sebagai salah satu media promosi oleh UMKM meskipun belum semua pelaku UMKM merasakan adanya peningkatan pendapatan dan omzet yang significant.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Public Policy Implementation; E-Catalog; Promotion of UMKM |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 08 Jun 2024 04:13 |
Last Modified: | 08 Jun 2024 04:13 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45468 |