IMPLEMENTASI E-KATALOG SEBAGAI MEDIA PROMOSI UMKM UNGGULAN DI KABUPATEN PURWOREJO

FIRDA FATIMATHUZAHRA (2024) IMPLEMENTASI E-KATALOG SEBAGAI MEDIA PROMOSI UMKM UNGGULAN DI KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (570kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (971kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pengadaan barang dan jasa pemerintah merupakan suatu kegiatan dalam pemenuhan kebutuhan barang/jasa Kementrian, Lembaga, Perangkat Daerah, dan Instansi Pemerintah dalam mewujudkan pembangunan nasional. Namun dalam praktiknya di Indonesia, aktivitas pengadaan barang/jasa pemerintah sangat rentan terhadap tindak korupsi karena berhubungan dengan sejumlah dana yang besar. Seiring dengan perkembangan sistem TIK, maka diundangkan Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Pengadaan barang/jasa pemerintah secara elektronik atau e-procurement menggunakan aplikasi e-katalog yang memiliki sistem transparan dan terbuka. Kabupaten Purworejo merupakan salah satu kabupaten yang memanfaatkan e-katalog sebagai implementasi penuh dari e-procurement sekaligus media promosi bagi produk/jasa unggulan dari UMKM. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana implementasi e-katalog dan penggunaan e-katalog sebagai media promosi oleh UMKM di Kabupaten Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi lapangan untuk mengetahui implementasi e-katalog dan penggunaan e-katalog sebagai media promosi UMKM di Kabupaten Purworejo. Narasumber dari penelitian ini adalah LPSE Kabupaten Purworejo dan pelaku UMKM yang tergabung dalam e-katalog lokal Kabupaten Purworejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya implementasi e-katalog di Kabupaten Purworejo sudah berjalan baik, namun masih terkendala oleh kurangnya SDM pelaksana dan rendahnya kemampuan TIK oleh pelaku UMKM. Adapun e-katalog dijadikan sebagai salah satu media promosi oleh UMKM meskipun belum semua pelaku UMKM merasakan adanya peningkatan pendapatan dan omzet yang significant.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Public Policy Implementation; E-Catalog; Promotion of UMKM
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 08 Jun 2024 04:13
Last Modified: 08 Jun 2024 04:13
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45468

Actions (login required)

View Item
View Item