AMANDA DINA WAHYUNI (2024) PENGATURAN INFLUENCER MEDIA SOSIAL TERHADAP ENDORSMENT: ANALISIS KOMPARATIF HUKUM DI INDONESIA DAN INDIA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (201kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (89kB)
Bab I.pdf
Download (311kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (252kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (97kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (260kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (95kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (178kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (384kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Endorsment merupakan bentuk kegiatan mempromosikan suatu barang ataupun jasa melalui media sosial oleh influencer. Terdapat dua perumusan masalah yaitu tentang perbandingan pengaturan influencer media sosial terhadap endorsement di Indonesia dengan India dan menganalisis perbandingan pengaturan influencer media sosial terhadap endorsement di Indonesia dan India. Tujuan dari penelitian ini untuk memahami perbandingan pengaturan terkait influencer media sosial dalam kegiatan endorsement di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan hukum normatif dengan fokus pada studi kepustakaan. Pendekatan yang digunakan mencangkup pendekatan undang-undang dengan merujuk pada Kitab Undang-Undang Hukum Dagang, Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 50 Tahun 2020 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik, Etika Pariwara Indonesia-Amandemen 2020, Consumer Protection Act No. 35 Tahun 2019 yang berlaku di Republik India, Pedoman Periklanan Influence di media sosial India, serta pendekatan komparatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, yang diperoleh melalui studi kepustakaan dari sumber-sumber di Perpustakaan UMY dan Media Internet. Penelitian ini menggunakan analisis preskripsi dengan pendekatan normatif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengaturan influencer terhadap endorsement di negara India tidak diatur secara khusus dalam satu aturan tertentu namun terdapat pada Consumer Protection Act No. 35 Tahun 2019 yang berlaku di Republik India (Consumer Protection Act India). Sedangkan di Indonesia juga tidak diatur secara khusus. Perbedaan pengaturan endorsement oleh influencer di media sosial di negara Indonesia dan India dibagi menjadi beberapa perbandingan dan persamaan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Endorsement, Influencer, Regulation |
Divisions: | Fakultas Hukum > Hukum S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 08 Jun 2024 03:57 |
Last Modified: | 08 Jun 2024 03:57 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45478 |