AZIZAH FEBY SALSABILLA (2024) KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MIM TUMPUK KABUPATEN TRENGGALEK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (257kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (688kB)
Bab I.pdf
Download (1MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (223kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (16MB)
Abstract
Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa asing yang dipelajari disuatu instansi pendidikan khususnya dinegara Indonesia. Tidak banyak peserta didik menyukai salah satu bahasa asing satu ini. Sehingga menjadikan pelajaran bahasa Arab ini sangat minim peminatnya. Hal lain juga dikarenakan guru dalam pembelajaran kurang menguasai kelas dan materi sehingga menjadikan peserta didik bosan dan hingga tidak suka dengan pelajaran tersebut. Salah satu penunjang minat peserta didik dalam pelajaran bahasa Arab tersebut adalah kreativitas guru dalam mengemas pembelajaran yang akan disampaikan. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kreativitas guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada pelajaran bahasa Arab di MIM tumpuk dan mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kreativitas guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitiannya adalah deskriptif analitik untuk mendapatkan data dengan kata - kata, gambar, dan bukan angka. Hasil penelitian ini adalah kreativitas guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada pelajaran bahasa Arab di MIM Tumpuk dengan membuat perencanaan pembelajaran, menggunakan strategi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik, pemilihan model dan metode pembelajaran, pemanfaatan media pembelajaran yang ada, dan meskipun dalam pengelolaan kelas yang kurang terfokus namun hal itu tidak memungkiri kreativitas guru terhambat, karena guru jadi bisa terfokus pada kenyamanan dan keamanan kelas. Hal ini dikarenakan juga ada beberapa hal faktor yang menjadi titik kurang atau hambatan guru dalam berkreasi dan disisi lain juga adanya faktor pendukung yang tak kalah dalam menyukseskan atau menunjang keberhasilan guru dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Creativity, Learning Interest, Arabic Language |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 08:58 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 08:58 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45498 |