THE USE OF ENGLISH SONG LYRIC IN IMPROVING ENGLISH VOCABULARY FOR ELEMENTARY SCHOOL STUDENT

ALWAN AKBAR (2024) THE USE OF ENGLISH SONG LYRIC IN IMPROVING ENGLISH VOCABULARY FOR ELEMENTARY SCHOOL STUDENT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (520kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bahasa Inggris seharusnya diperkenalkan dan dibiasakan sedini mungkin, namun sayangnya beberapa sekolah dasar masih kekurangan guru bahasa Inggris dan berbagai metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah tersebut dengan memberikan metode untuk membiasakan siswa sekolah dasar dengan lagu-lagu berbahasa Inggris sehingga mereka dapat belajar bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan. Penelitian kuantitatif dan desain eksperimental dilakukan dalam penelitian ini. Sebuah sekolah dasar swasta di Kasihan, Bantul, Yogyakarta dijadikan lokasi penelitian dan 24 siswa kelas 5 SD dipilih sebagai responden penelitian. Pre-test, eksperimen, post-test, dan SPSS digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Peneliti percaya bahwa penggunaan lirik lagu berbahasa Inggris dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa secara signifikan. Berdasarkan data, nilai rata-rata pre-test berada pada tingkat pemula (M=20.33, SD=22.839), sedangkan nilai rata-rata post-test berada pada tingkat ahli (M=80.50, SD=21.437). Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon digunakan untuk menghitung perbedaan signifikan, dan dianggap signifikan. Penelitian menunjukkan bahwa siswa dapat meningkatkan tingkat penguasaan kosa kata mereka dengan mempelajarinya melalui lirik lagu. Dengan mendengarkan liriknya berulang kali, mereka akan mengingat kata-kata baru secara tidak sadar, dan ini akan meningkatkan kemampuan mereka dalam belajar bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: English songs, song lyric, vocabulary mastery, elementary school, improving vocabulary
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 07 Jun 2024 06:51
Last Modified: 07 Jun 2024 06:51
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45516

Actions (login required)

View Item
View Item