ALWAN AKBAR (2024) THE USE OF ENGLISH SONG LYRIC IN IMPROVING ENGLISH VOCABULARY FOR ELEMENTARY SCHOOL STUDENT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (520kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Bahasa Inggris seharusnya diperkenalkan dan dibiasakan sedini mungkin, namun sayangnya beberapa sekolah dasar masih kekurangan guru bahasa Inggris dan berbagai metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah tersebut dengan memberikan metode untuk membiasakan siswa sekolah dasar dengan lagu-lagu berbahasa Inggris sehingga mereka dapat belajar bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan. Penelitian kuantitatif dan desain eksperimental dilakukan dalam penelitian ini. Sebuah sekolah dasar swasta di Kasihan, Bantul, Yogyakarta dijadikan lokasi penelitian dan 24 siswa kelas 5 SD dipilih sebagai responden penelitian. Pre-test, eksperimen, post-test, dan SPSS digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Peneliti percaya bahwa penggunaan lirik lagu berbahasa Inggris dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa secara signifikan. Berdasarkan data, nilai rata-rata pre-test berada pada tingkat pemula (M=20.33, SD=22.839), sedangkan nilai rata-rata post-test berada pada tingkat ahli (M=80.50, SD=21.437). Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon digunakan untuk menghitung perbedaan signifikan, dan dianggap signifikan. Penelitian menunjukkan bahwa siswa dapat meningkatkan tingkat penguasaan kosa kata mereka dengan mempelajarinya melalui lirik lagu. Dengan mendengarkan liriknya berulang kali, mereka akan mengingat kata-kata baru secara tidak sadar, dan ini akan meningkatkan kemampuan mereka dalam belajar bahasa Inggris.
Dosen Pembimbing: | Sri Rejeki Murtiningsih, S.Pd., M.Ed., Ph.D. and Evi Puspitasari, S.Pd., M.Hum. | NIDN0518047702, NIDN0531038701 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | English songs, song lyric, vocabulary mastery, elementary school, improving vocabulary |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 06:51 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 06:51 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45516 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |