ALWAN AKBAR (2024) THE USE OF ENGLISH SONG LYRIC IN IMPROVING ENGLISH VOCABULARY FOR ELEMENTARY SCHOOL STUDENT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (520kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (140kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (198kB)
Bab I.pdf
Download (271kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (370kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (490kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (488kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (253kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (391kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (403kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (272kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Bahasa Inggris seharusnya diperkenalkan dan dibiasakan sedini mungkin, namun sayangnya beberapa sekolah dasar masih kekurangan guru bahasa Inggris dan berbagai metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah tersebut dengan memberikan metode untuk membiasakan siswa sekolah dasar dengan lagu-lagu berbahasa Inggris sehingga mereka dapat belajar bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan. Penelitian kuantitatif dan desain eksperimental dilakukan dalam penelitian ini. Sebuah sekolah dasar swasta di Kasihan, Bantul, Yogyakarta dijadikan lokasi penelitian dan 24 siswa kelas 5 SD dipilih sebagai responden penelitian. Pre-test, eksperimen, post-test, dan SPSS digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Peneliti percaya bahwa penggunaan lirik lagu berbahasa Inggris dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa secara signifikan. Berdasarkan data, nilai rata-rata pre-test berada pada tingkat pemula (M=20.33, SD=22.839), sedangkan nilai rata-rata post-test berada pada tingkat ahli (M=80.50, SD=21.437). Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon digunakan untuk menghitung perbedaan signifikan, dan dianggap signifikan. Penelitian menunjukkan bahwa siswa dapat meningkatkan tingkat penguasaan kosa kata mereka dengan mempelajarinya melalui lirik lagu. Dengan mendengarkan liriknya berulang kali, mereka akan mengingat kata-kata baru secara tidak sadar, dan ini akan meningkatkan kemampuan mereka dalam belajar bahasa Inggris.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | English songs, song lyric, vocabulary mastery, elementary school, improving vocabulary |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 06:51 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 06:51 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45516 |