YUSUF NUR AZIZ (2024) KEEFEKTIFAN APLIKASI CONNECT STUDY NIHONGO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA TEMATIK BAHASA JEPANG TINGKAT DASAR (STUDI EKSPERIMEN PADA MAHASISWA TINGKAT I ANGKATAN 2023 PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2023/2024). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (103kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (135kB)
Bab I.pdf
Download (2MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (384kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (23MB)
Abstract
Penguasaan kosakata sangat penting dalam proses belajar sebuah bahasa. Penguasaan kosakata yang baik berkaitan erat dengan kemampuan bahasa seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan aplikasi connect study nihongo sebagai media pembelajaran kosakata tematik bahasa jepang tingkat dasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen bentuk True Experimental dengan pendekatan kuantitatif dan rancangan Pretest Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan rumus statistik. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Tingkat I pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tahun 2023/2024 dengan jumlah 15 mahasiswa pada kelompok kontrol dan 15 mahasiswa pada kelompok eksperimen. Dari hasil analisis data menggunakan bantuan aplikasi SPSS 23, diketahui hasil uji t hitung dan t tabel ( t hitung = 3,267 > t tabel 2,048) yang mana nilai t hitung lebih besar daripada t tabel. Oleh karena itu, sesuai kriteria hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan media aplikasi Connect Study Nihongo efektif sebagai media pembelajaran kosakata. Kemudian dari data hasil angket sebagian besar mahasiswa berpendapat bahwa aplikasi Connect Study Nihongo menambah motivasi, penguasaan kosakata dan dapat dijadikan media alternatif dalam belajar bahasa Jepang.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Effectiveness, vocabulary, learning media, application, connect study nihongo |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Jepang S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 29 May 2024 05:56 |
Last Modified: | 29 May 2024 05:56 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45608 |