QINA ALGAISA (2024) PERAN KOMISI PENGAWAS PERSAINGAN USAHA DALAM MENCEGAH PENGUASAAN PASAR PADA SEKTORE-COMMERCE DI INDONESIA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (687kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (66kB)
Bab I.pdf
Download (394kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (557kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (29kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (582kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (17kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (297kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (462kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (650kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Salah satu kegiatan rentan dalam persaingan usaha adalah penguasaan pasar. Perusahaan E-Commerce umumnya melakukan kegiatan usaha yang beroperasi di dua atau lebih sisi pasar dan mempunyai efek jaringan. Efek jaringan tersebut bisa menjadi sumber utama kekuatan pasar bagi perusahaan e-commerce tersebut. Kekuatan pasar dari platform dominan berdampak signifikan terhadap perusahaan kecil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mekanisme pengukuran pangsa pasar e-commerce di Indonesia serta peran KPPU dalam pencegahan penguasaan pasar pada sektor e-commerce. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum yuridis normatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan dan wawancara. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah penentuan pasar bersangkutan secara umum memiliki dua aspek yaitu pasar bersangkutan menurut produk dan geografis yang dibuktikan melalui SSNIP Test, Substitusi dari Sisi Penawaran, dan Permintaan. Sedangkan penentuan pasar bersangkutan pada sektor e-commerce menurut geografis mengalami perubahan yang ditentukan oleh biaya kirim, harga barang, dan lama waktu kirim. Analisa tersebut dilakukan oleh KPPU berdasarkan data primer dan data sekunder. Peran KPPU dalam mencegah penguasaan pasar pada sektor e-commerce dilakukan dengan upaya pencegahan dan penegakan hukum. Upaya pencegahan dilakukan dengan penelitian berkala, rekomendasi, saran dan pertimbangan kepada pemerintah. Penegakan hukum dilakukan dengan berbagai putusan yang telah diputus oleh KPPU.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Commerce, KPPU, Market Control, Market Power, Relevant Market |
Divisions: | Fakultas Hukum > Hukum S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 29 May 2024 04:07 |
Last Modified: | 29 May 2024 04:07 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45629 |