STRATEGI SOCIAL MARKETING PUSKESMAS KAMPUNG SAWAH DALAM PROGRAM PENCEGAHAN HIPERTENSI PADA LANSIA KELURAHAN SAWAH KOTA TANGERANG SELATAN TAHUN 2023

ELVINA DAMAYANTI APANDI (2024) STRATEGI SOCIAL MARKETING PUSKESMAS KAMPUNG SAWAH DALAM PROGRAM PENCEGAHAN HIPERTENSI PADA LANSIA KELURAHAN SAWAH KOTA TANGERANG SELATAN TAHUN 2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (500kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis mengenai social marketing dalam menyosialisasikan program skrining pencegahan hipertensi Puskesmas Kampung Sawah Kota Tangerang Selatan pada tahun 2023. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menjelaskan peran Puskesmas Kampung Sawah dalam meningkatkan partisipasi Lanjut Usia pada skrining pencegahan Hipertensi di Kampung Sawah Kota Tangerang Selatan Tahun 2023 serta untuk memahami dan mengidentifikasi strategi social marketing yang digunakan oleh Puskesmas Kampung Sawah Kota Tangerang Selatan dalam program pencegahan hipertensi terhadap lansia kampung sawah tahun 2023. Metode penelitian ini kualitatif yang menggunakan pendekatan studi kasus dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif studi ini dilakukan di Puskesmas Kampung Sawah Kota Tangerang Selatan sumber data penelitian ini terdiri dari dokumen, foto dokumentasi dan hasil wawancara dengan informan. Dalam penelitian kualitatif, uji validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik, yang berarti membandingkan dan mengecek kembali tingkat kepercayaan informasi yang diperoleh melalui berbagai alat dan waktu. Hasil dari penelitian ini Puskesmas Kampung Sawah Kota Tangerang Selatan hanya penyelenggara program yang telah di tentukan oleh Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, adanya kader pendamping serta bekerjasama dengan tokoh masyarakat termasuk tokoh agama mampu membantu kegiatan karena Puskemas Kampung Sawah melakukan konfirmasi kepada beberapa pihak terkait apabila terdapat masyarakat yang tidak berkunjung. Pemilihan lokasi dan waktu program sudah tepat karena sesuai dengan kesepakatan masyarakat dan dukungan pemerintah terkait penurunan hipertensi mendukung berjalannya program. pemilihan media yang digunakan sudah beragam seperti brosur, pamflet,poster, buku lansia, banner dan media instagram namun masih banyak lansia yang tidak bisa membaca terkait dengan media instagram masih belum tepat di gunakan untuk program dengan target sasaran lansia, tahapan evaluasi di lakukan setelah selesai program kemudian membuat tindakan perbaikan secara bertahap.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Social Marketing, Puskesmas Kampung Sawah, Hypertension, Lansia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 29 May 2024 03:27
Last Modified: 29 May 2024 03:27
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45649

Actions (login required)

View Item
View Item