ELVINA DAMAYANTI APANDI (2024) STRATEGI SOCIAL MARKETING PUSKESMAS KAMPUNG SAWAH DALAM PROGRAM PENCEGAHAN HIPERTENSI PADA LANSIA KELURAHAN SAWAH KOTA TANGERANG SELATAN TAHUN 2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (318kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (432kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (154kB)
Bab I.pdf
Download (500kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (324kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (951kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (134kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (177kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (316kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (322kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini menganalisis mengenai social marketing dalam menyosialisasikan program skrining pencegahan hipertensi Puskesmas Kampung Sawah Kota Tangerang Selatan pada tahun 2023. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menjelaskan peran Puskesmas Kampung Sawah dalam meningkatkan partisipasi Lanjut Usia pada skrining pencegahan Hipertensi di Kampung Sawah Kota Tangerang Selatan Tahun 2023 serta untuk memahami dan mengidentifikasi strategi social marketing yang digunakan oleh Puskesmas Kampung Sawah Kota Tangerang Selatan dalam program pencegahan hipertensi terhadap lansia kampung sawah tahun 2023. Metode penelitian ini kualitatif yang menggunakan pendekatan studi kasus dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif studi ini dilakukan di Puskesmas Kampung Sawah Kota Tangerang Selatan sumber data penelitian ini terdiri dari dokumen, foto dokumentasi dan hasil wawancara dengan informan. Dalam penelitian kualitatif, uji validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik, yang berarti membandingkan dan mengecek kembali tingkat kepercayaan informasi yang diperoleh melalui berbagai alat dan waktu. Hasil dari penelitian ini Puskesmas Kampung Sawah Kota Tangerang Selatan hanya penyelenggara program yang telah di tentukan oleh Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, adanya kader pendamping serta bekerjasama dengan tokoh masyarakat termasuk tokoh agama mampu membantu kegiatan karena Puskemas Kampung Sawah melakukan konfirmasi kepada beberapa pihak terkait apabila terdapat masyarakat yang tidak berkunjung. Pemilihan lokasi dan waktu program sudah tepat karena sesuai dengan kesepakatan masyarakat dan dukungan pemerintah terkait penurunan hipertensi mendukung berjalannya program. pemilihan media yang digunakan sudah beragam seperti brosur, pamflet,poster, buku lansia, banner dan media instagram namun masih banyak lansia yang tidak bisa membaca terkait dengan media instagram masih belum tepat di gunakan untuk program dengan target sasaran lansia, tahapan evaluasi di lakukan setelah selesai program kemudian membuat tindakan perbaikan secara bertahap.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social Marketing, Puskesmas Kampung Sawah, Hypertension, Lansia |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 29 May 2024 03:27 |
Last Modified: | 29 May 2024 03:27 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45649 |